Sukses

Parenting

Cegah Pengobatan TBC dengan Vaksinasi! (Bagian 6)

Ladies, setelah tuntas dengan mereka yang membutuhkan vaksin dan negara-negara “bermasalah” sekarang kita sampai pada mereka yang tak membutuhkannya. Penasaran? Apakah justru malah mendekatkan mereka pada pada penyakit dan berakhir pada prosedur panjang pengobatan TBC? Simak selangkapnya pada artikel berikut.

Pada dasarnya, mereka yang tidak perlu divaksin adalah mereka yang telah memiliki kekebalan terhadap penyakit ini. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa seperti mereka yang pernah menderita TB akan memiliki tubuh yang otomatis kebal terhadap penyakit tersebut.

Orang yang sudah pernah divaksin saat bayi juga tak perlu mendapatkannya lagi. Selain itu, menurut nhs.uk, mereka yang sudah terlanjur positif mengidap TBC juga baiknya tidak divaksin. Setelah itu ada orang-orang yang alergi terhadap zat yang terkandung di dalam vaksin baiknya tidak usah diberi.

Bagi bayi yang baru lahir, dia tidak perlu divaksin bila dia lahir di daerah yang jelas ada penyakit TBC hingga si bayi dipastikan tidak mengidap TBC. Selain masalah itu, ada juga masalah kebersihan yang membuat vaksin baiknya tidak dilakukan.

Hal ini terjadi pada orang yang dierkirakan banyak bakteri di sekitar wilayang tempat injeksi vaksin. Dikhawatirkn justru bakteri itu ikut masuk ke dalam tubuh dan menjadikan penyakit. Ladies, masih ada beberapa orang lagi yang sebaiknya tidak diberi vaksin. Penasaran siapa saja meraka? Simak terus kelanjutannya.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading