Sukses

Parenting

Cegah Pengobatan TBC dengan Vaksinasi! (Bagian 8)

Ladies, meski kita telah tuntas dengan mereka yag tidak perlu mendapat vaksin TBC karena salah satunya pernah menjalani pengobatan tbc, masih ada beberapa tambahan yang perlu Anda tahu. Salah satunya adalah usia ideal orang yang divaksin juga memiliki batasan.

Menurut laman nhs.uk, pemberian vaksin pada usia diatas 16 – 35 tahun tidak lagi efektif karena tidak ada penelitian yang membuktikannya. Namun, bila mereka bekerja di tempat yang dibahas pada bagian 4 dan 5, pemberian vaksin harus tetap ditawarkan mengingat tingginya bahaya dari risiko pekerjaan mereka.

Nah, Ladies, lepas dari siapa saja yang memerlukan vaksin BCG sebagai salah satu cara pengobatan TBC dengan mencegah kedatangannya, selanjutnya kita mengulas tentang bagaimana vaksin TBC diberikan. Menurut laman nhs.uk, ada beberapa jenis pemberian tergantung usia dan tempatnya.

Untuk bayi, vaksin BCG umumnya diberikan sesaat setelah lahis atau ketika bayi masih ada di rumah sakit. Hal ini bertujuan untuk membentuk daya tahan tubuh yang kuat sejak dini. Dengan suntikan di lengan bagian atas. Sakit sebentar untuk sehat yang lebih lama.

Kemudian, bagi ornag dewasa, vaksinasi diselenggarakan oleh lembaga-lembaga penyedia layanan kesehatan. Biasanya, layanan ini tidak lagi gratis seperti yang didapatkan oleh bayi. Bagi yang kurang beruntung, sepanjang hidupnya tidak mendapat tawaran vaksinasi. Namun bila berminat, tentu saja harus membayar.

Ladies, perjalanan panjang kita menyediakan dua episode lagi. Semoga Anda tidak melewatkan bahasan menarik lainnya mengenai seberapa efektif vaksinasi ini dan bagaimana menentukan bahwa Anda sudah kebal dari TBC. So, stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading