Sukses

Beauty

Tips Menjalani Pengobatan TBC yang Lama

Ladies,setiap penyakit memiliki karakteristik tersendiri mulai pola penularan, cara pengobatan, perawatan pasien, dan tindakan lanjutan pasca pengobatan. Hal yang sama terjadi pada pengobatan TBC yang bisa dibilang membutuhkan kesabaran dan ketekunan ekstra.

Dilansir dari laman stoptb.org, pengobatan yang menyeluruh dan tuntas pada penyakit TBC memakan waktu sekitar selama 6 bulan. Rinciannya bukan berarti pasien harus berada di rumah sakit selama jangka waktu tersebut.

Terapi obat untuk menghentikan munculnya gejala TBC dan bahaya penularannya memakan waktu sekitar tiga minggu. Sedangkan sisanya adalah langkah pembersihan dari sisa bakteri yang masih ada di dalam tubuh dan tidak dianggap sebagai bakteri jahat oleh sistem imun.

Selanjutnya pengobatan akan sangat lama dan membosankan meski tidak lagi di rawat. Permasalahan muncul ketika penderita merasa cukup bugas sebelum seluruh program pengobatan selesai dijalani. Akibatnya, bakteri bisa aktif lagi dan semakin kebal dari sebelumnya.

Di samping itu, risiko rawat jalan yang membutuhkan waktu lama rawan menumbuhkan kejenuhan dan lupa mengonsumsi obat. Sehingga, beberapa metode pengingat minum obat perlu dibuat agar segera sembuh dengan menyeluruh.

Menyalakan fitur alarm pada tablet maupun ponsel untuk minum obat bisa jadi salah satu caranya. Namun, ada juga cara dengan membuat tulisan-tulisan pengingat yang dapat diletakkan atau ditempelkan pada tempat-tempat yang sering dikunjungi sehari-hari.

Sebagai contoh, pengingat tersebut bisa ditempatkan pada lemari pakaian, pintu kamar, meja rias, kaca kamar mandi, sekitar meja makan, dapur, dan lain sebagainya.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading