Sukses

Beauty

8 Masalah Yang Sering Muncul Dalam Menurunkan Berat Badan

Masalah yang sering muncul pada Anda yang sedang melakukan program diet kebanyakan Anda yang tidak bisa mengendalikan lapar mata. Namun, beberapa dari Anda juga mengalami masalah lain dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pada hari Rabu 16 April kemarin, seperti biasa kami mengadakan live tweet konsultasi masalah menurunkan berat badan dengan dokter ahli dari @meetdoctor.com. Nah, pertanyaan yang diajukan dijawab langsung oleh Dr. Jenni, M. Gizi, SpGK. Berikut ini hasil live tweetnya..

(vem/riz)

Hubungan Diet dan Golongan Darah

@atientun : Apa benar ada kaitan antara diet dan golongan darah, dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Sampai saat ini diet golongan darah masih menjadi perdebatan, karena secara ilmiah belum teruji secara klinis. Metode ini tidak selamanya baik bagi semua orang, ada yang sukses menurunkan berat badannya, tetapi masih banyak yang tidak berhasil.

Mengapa diet ini tidak sesuai untuk semua orang? Misalnya seseorang golongan darah A dianjurkan makan banyak karbohidrat, tapi ternyata dia penderita diabetes melitus, hal ini tentu akan memperparah kondisi diabetesnya.

Jadi sebenarnya setiap individu itu adalah "khas dan unik", tidak semua diet yang dipublikasikan secara umum cocok untuk tiap orang. Yang paling penting kita kembali ke diet yang seimbang, yang tentu saja mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Nurunin Badan dengan Buah

@nitaopik : Gimana sih caranya nurunin berat badan yang cepat, bisa dengan diet jus kah dok? Jus buah apa saja ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Tidak ada sesuatu yang instan itu selamanya baik. Penurunan berat badan yang ideal itu adalah 2-4 kg per bulan. Penurunan berat badan yang terlalu cepat akan menyebabkan berbagai komplikasi, misalnya lemas, dan kadang menyebabkan gangguan pencernaan, menurunnya kinerja kerja dll.

Penurunan berat badan yang cepat ini juga akan menyebabkan kejadian "yoyo" diet. Jadi berat badan akan naik kembali lebih cepat bila diet ketat tidak dilakukan lagi. Hal ini disebabkan terjadi gangguan metabolisme tubuh. Diet dengan jus buah tidak dianjurkan, apalagi dilakukan dalam jangka waktu panjang. Lebih baik makan buah utuh atau potong, dibandingkan dijus. Di samping itu buah hanya mengandung karbohidrat dan beberapa vitamin dan mineral.

Sedangkan tubuh kita juga membutuhkan zat gizi lain, misalnya protein untuk mengganti sel rusak, untuk menjaga metabolisme. Kekurangan salah satu zat gizi dalam jangka panjang tentu akan berdampak negatif pada kesehatan. Bilamana memang ingin menginginkan diet jus buah, hanya dianjurkan dilakukan 1-2 hari saja.

Bikin Berat Badan Stabil

@AnnyeongAmanda : Gimana sih bikin berat badan stabil? Kalau 155cm, berat badan idealnya berapa ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Berat badan ideal untuk tinggi 155 cm, tergantung umur, bila di atas 40 tahun , 55 kg masih termasuk ideal, namun bila usia di bawah 40 tahun, dianjurkan dikurangi 10%, menjadi 49.5 kg.

Untuk menjaga berat badan tetap stabil tetap berpedoman pada diet dan olahraga. Diet dan olahraga mutlak dilakukan untuk menjadi berat badan tetap stabil. Bahkan seseorang yang sudah ideal dengan cara instan ( melakukan sedot lemak misalnya), namun tidak menjalankan diet dan olahraga akan kembali menjadi gemuk di kemudian hari.

Jadi tidak ada jaminan akan tetap langsing sepanjang waktu.

 

Makan Nggak Bisa Kenyang

@lenny_looney : Setiap makan, kerasa nggak kenyang-kenyang dok. Kenapa ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Bila makan tidak merasa kenyang, bisa diakalin dengan minum 1-2 gelas air putih dulu sebelum makan. Pada saat makan komposisi makanan perlu diperhatikan. Dahulukan makan lebih banyak makanan berserat, misalnya sayur dan buah.

Di samping itu jangan lupa konsumsi cukup protein. Karena protein juga akan memberikan rasa kenyang pada saat makan. Lemak sebenarnya juga memberi rasa kenyang, namun karena tinggi kalori, konsumsilah lemak dalam jumlah yang tidak berlebihan dan pilihlah jenis lemak yang baik.

Dengan demikian, kita akan merasa cepat kenyang.

Jika Badan Terasa

@deApid : Kalau tinggi 160 dan berat badan 51-52, perlu nurunin berat badan nggak biar ideal? Soalnya badan kerasa berat dok. #AskVemale

Jawaban dokter: Anda termasuk dalam kategori berat badan ideal. Badan "terasa" berat. Hal ini dikarenakan anda kurang melakukan olahraga dan aktivitas fisik. Lakukanlah peregangan otot, olahraga ringan secara teratur. Tubuh akan merasa lebih "ringan" dan segar sepanjang hari.

Cara Mengendalikan Lapar Mata

@Shafirafication : Hobi banget makan, masih nggak bisa ngendaliin lapar mata. Solusi dong dok biar nggak gemuk. #AskVemale

Jawaban dokter: Hobby makan???? Wah.... Makan jangan dijadikan hobby... Kita makan untuk hidup dan sehat. Bukan karena hobby. Setiap orang tetap butuh makan. Nah.. Masalahnya makanan yang dikonsumsi itu haruslah yang sehat dan bergizi.

Lapar mata biasanya orang suka mencari cemilan yang tinggi kalori dan lemak. Cemilan tetap dibutuhkan dalam makan sehari2, namun pilihlah cemilan yang sehat misalnya buah, agar, yogurt rendah lemak, salad dengan olive oil dll. Jadwal makan sehari kita adalah 3 kali makan besar dengan 2 kali snack.

Jadi untuk mendapatkan berat badan ideal dan sehat, kembali ke pribadi masing2. Lingkungan sangat mempengaruhi pola makan sehari2, karena itu perlu kesadaran individual dan kelompok untuk mengatasi hobby makan dan lapar mata itu.

Nggak Ada Waktu Untuk Olahraga

@fieraputri : Kalau ingin berat badan ideal tapi nggak ada waktu buat olahraga gimana dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Bila tidak ada waktu olahraga, maka perbanyak aktivitas fisik dalam sehari. Misalnya naik turun tangga, tidak pakai lift di kantor.

Bila menonton tv, ganti channel tv tidak menggunakan remote control, coba berdiri dan jalan ke depan tv untuk mengganti channel tv yang diinginkan. Kelihatannya sepele, namun kebiasaan ini akan membantu tubuh membakar kalori dalam tubuh.

Ngemil yang Sehat, yang Gimana Ya?

@dyandayas : Suka banget ngemil tapi takut gemukan. Ngemil yang sehat gimana ya, dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Ngemil tetap dibutuhkan tubuh, karena dalam sehari tubuh memerlukan 3 kali makan besar dan 2 kali snack. Namun pilihlah snack yang sehat. Misalnya snack buah sayur, agar, yogurt rendah lemak, salad dengan dressing olive oil.

Gantilah kacang goreng dengan kacang rebus, pisang goreng dengan pisang rebus atau tanpa diolah. Minumlah air putih tapi tidak minum minuman berkalori, misal nya soft drink, jus buah dan minuman yang ditambah gula. Porsi snack dalam sehari adalah 10 % dari total kalori dalam sehari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading