Sukses

Beauty

Terlalu Sering Duduk Bikin Tubuh Makin Gemuk

Penelitian soal kebiasaan duduk lebih dari 3 jam dalam sehari masih terus berlangsung. Namun, di setiap penelitian tersebut memunculkan hasil yang sama, duduk terlalu lama itu buruk bagi kesehatan.

Dilansir WebMD.com, duduk selama berjam-jam bisa menyebabkan beberapa hal berikut ini:

  • Gangguan kesehatan dan mental
  • Naiknya resiko penyakit jantung dan diabetes
  • Naiknya resiko kecacatan tubuh

Dalam studi lainnya, disebutkan juga bahwa sering duduk terlalu lama dapat menyebabkan kenaikan berat badan drastis, walaupun Anda rajin berolahraga.

"Duduk terlalu lama memicu problem kardiovaskular seperti penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya," kata Andrea LaCroix, PhD, direktur Women's Health Center of Excellence di Universitas California, San Diego.

Hingga kini sebenarnya para peneliti belum dapat menarik kesimpulan akhir, mengapa sering duduk terlalu lama dapat menyebabkan problem-problem kesehatan macam itu. Analisa sementara para peneliti, ketika duduk lama, maka otot lebih sedikit bekerja membakar lemak, terjadi penumpukan lemak di tubuh dan peredaran darah berjalan kurang lancar. Pendapat ini didukung dengan data dari para pasien penyakit jantung serta yang mengalami problem berat badan, umumnya keduanya adalah yang duduk lebih dari 3 jam sehari di belakang meja.

Bagaimana duduk terlalu lama bikin tubuh makin gemuk?

Penelitian dokter Barry Braun menemukan bahwa ketika Anda duduk lama Anda akan lebih mudah lapar. Sekalipun energi yang Anda butuhkan sedikit, namun tubuh seperti menuntut penambahan energi lewat makanan. Sinyal yang salah ini kemudian ditanggapi otak dengan menyuruh Anda untuk makan. Dan makanan-makanan yang dikonsumsi, menyumbangkan kalori yang tidak selalu kecil pada tubuh. Karena kalori tersebut tidak dibakar maksimal, ia tertimbun pada bagian-bagian tubuh khususnya perut, pinggul dan paha.

Setidaknya apabila Anda ingin mengurangi resiko permasalahan kesehatan dan kegemukan, maka Anda disarankan untuk lebih sering bergerak dalam aktivitas keseharian.

Trik mencegah berat badan naik saat harus duduk bekerja seharian

  • Kerr dan LaCroix punya trik untuk membantu berat badan Anda tetap stabil atau turun.
  • Lakukan pemanasan dan olahraga setiap hari untuk membantu membakar penumpukan lemak di tubuh
  • Gunakan gelas atau mug kecil di meja kerja sehingga Anda harus berjalan dan bolak-balik mengisi air minum. Memang jalannya tidak jauh, tetapi mencegah Anda selalu duduk terus menerus.
  • Usahakan untuk berjalan 1-2 menit setiap 20-30 menit duduk. Cari alasan untuk melakukannya.

Selain itu, perhatikan juga konsumsi makanan Anda ya. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak demi kesehatan Anda. 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading