KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Meningitis Pada Penderita HIV Penyebab AIDS

Jum'at, 11 April 2014 13:44 Penulis: ver
(c) vemale.com

Vemale.com - Cryptococcal meningitis merupakan infeksi serius yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang dan biasanya muncul pada seseorang yang rterinfeksi HIV, virus penyebab AIDS. Situs aidsmeds.com menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh jamur yang disebut Cryptococcus neoformans.

Jamur ini sebenarnya umum ditemukan di lingkungan sekitar, dan biasanya berada di tanah atau kotoran burung. Proses penyebaran jamur ini melalui udara. Ketika jamur tersebut berada di udara dan terhirup manusia, jamur tersebut akan tersimpan di paru-paru sebelum kemudian bergerak bersama darah ke sumsum tulang belakang dan otak. Hal inilah yang kemudian dapat menyebakan penyakit.

Sebenarnya kebanyakan orang pasti pernah terekspos jamur ini dalam hidupnya. Namun sistem imun yang sehat pada tubuh mampu mencegah jamur ini berkembang menjadi penyakit di dalam tubuh. Sekitar 5 sampai 8 persen orang dengan HIV terinfeksi penyakit ini, dan ketika sel CD4 yang berfungsi sebagai sistem imun turun sampai dibawah 50, orang dengan HIV akan lebih rentan terhadap penyakit ini. Namun setelah ditemukannya terapi ARV jumlah penderita Cryptococcal meningitis telah semakin turun.

Penyakit yang disebabkan jamur ini menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada otak. Hal ini membuat otak semakin melemah, rusak serta menimbulkan rasa sakit pada kepala. Tidak hanya di otak, jamur ini juga bisa menyerang paru-paru, ginjal, kulit, saluran kencing, serta kelenjar limpa.

Oleh: Teylita

(vem/ver)
KOMENTAR PEMBACA