Sukses

Beauty

Asma Brongkial Tidak Bisa Disembuhkan!

Ladies, asma brongkial merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan kontraksi spastic dari otot polos bronkhiolus yang menyebabkan sukar bernafas. Penyebab yang umum adalah hipersensitivitas bronkhioulus terhadap benda-benda asing di udara.

Diagnosis asma brokial tidaklah sulit, terutama bila dijumpai gejala yang klasik seperti sesak nafas, batuk dan mengi. Adanya riwayat asma sebelumnya, riwayat penyakit alergik seperti rinitis alergik, dan keluarga yang menderita penyakit alergik, dapat memperkuat dugaan penyakit asma.

Penemuan pada pemeriksaan fisik penderita asma brongkial tergantung dari derajat obstruksi jalan nafas. Ekspirasi memanjang, mengi, hiperinflasi dada, takikardi, pernapasan cepat sampai sianosis, dari keluhan diatas dapat dijumpai pada penderita asma brongkial.

Tahukah Anda? Seperti dijelaskan pada situs scientificamerican.com, ternyata penyakit asma brongkial tidak dapat disembuhkan lho. Namun dalam penggunaan obat-obat yang ada saat ini hanya berfungsi untuk menghilangkan gejala saja.
Kontrol yang baik diperlukan oleh penderita untuk terbebas dari gejala serangan asma dan bisa menjalani aktivitas hidup sehari-hari. Untuk mengontrol gejala asma secara baik maka penderita harus bisa merawat penyakitnya dengan cara mengenali lebih jauh tentang penyakit tersebut.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, penyakit asma brongkial masih bisa dicegah dengan mengatur pola hidup yang seimbang dan sehat dengan menjaga kondisi tubuh dari perubahan cuaca yang terkadang tidak menentu, pola makan, olah raga yang teratur, menjauhi rokok dan minuman lakohol serta menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem sekitar lingkungan rumah.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading