Sukses

Beauty

Lakukan Pengobatan TBC dengan Diet Tepat! (Bagian 1)

Ladies, saat sedang sakit, terkadang justru nafsu makan berkurang. Padahal itulah yang diperlukan agar segera sembuh. Hal yang sama juga bisa terjadi pada pasien yang sedang menjalani pengobatan TBC. Oleh karena itu, program diet tepat dapat menyiasatinya.

Menurut laman desidieter.com, dalam keadaan terjangkit TBC, kebutuhan kalori tubuh meningkat sebanyak 300-500 poin. Karena kebutuhan energi yang banyak, sebaiknya pemasukan energi juga banyak pula.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, konsumsi makanan dengan kualitas protein yang tinggi seperti telur dan susu. Bagi non vegetarian, daging rendah lemak juga bagus. Mengkombinasi makanan untuk mendapat konfigurasi protein yang bagus juga bisa dilakukan.

Karena kehilangan banyak zat besi dan kalsium, konsumsi susu dan produk susu itu penting. Hal ini bisa ditambahkan dengan sayuran berdaun hijau gelap. Untuk membangun kembali kekebalan tubuh, perlu masukan vitamin A, vitamin C, dan vitamin D.

Namun, Ladies, berhati-hatilah dengan makanan berlemak lemak. Konsumsi lemak yang berlebih dapat mengacaukan perut pasien. Nah, Ladies, setelah susunan nutrisi yang harus dipenuhi, bagaimana contoh menu harian diet untuk penderita TBC?

Laman desidieter.com menganjurkan ada “pemasukan” bagi penderita TBC sebanyak 6 kali dalam satu hari. Masing-masih periode memiliki menu yang berbeda pula. Penasaran apa saja yang ada dalam daftar? Simak edisi selanjutnya!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading