Sukses

Beauty

Mengenal Batuk TBC

Apa itu batuk TBC? Apa bedanya dengan jenis batuk lainnya? Ladies, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sakit batuk memang sudah sangat umum di negara tropis seperti Indonesia.

Penyebab batuk juga bermacam-macam, mulai dari cuaca panas dan atau banyaknya debu yang berterbangan. Selain itu, faktor alergi atau bakteri yang masuk ke dalam saluran pernafasan juga bisa menjadi pangkal sebab munculnya batuk.

Beberapa orang terkadang menganggap batuk merupakan penyakit yang umum dan bisa disembuhkan dengan obat yang ada di pasaran. Namun anda sebaiknya tetap waspada, karena batuk anda berkepanjangan, bisa jadi itu batuk TBC.

Situs msss.gouv.qc.ca menyebutkan bahwa TBC atau tuberculosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Meskipun pada umumnya bakteri ini menyerang paru-paru yang menyebabkan batuk berkepanjangan, dalam beberapa kasus bakteri ini juga menyerang organ lain seperti kelenjar getah bening, ginjal, atau tulang.

Meskipun bakteri TBC dapat dengan mudah tersebar melalui udara, bukan berarti orang yang menghirup bakteri TBC tersebut akan langsung terjangkit penyakit tersebut. Resiko tertular justru lebih tinggi pada anak-anak, orang tua, dan orang-orang yang memiliki sistem imun yang rendah yang disebabkan oleh suatu penyakit atau gaya hidup yang tidak sehat.

Orang-orang yang memiliki resiko tertular tbc adalah orang-orang yang tinggal atau sering berada di dekat penderita tbc. Bisa jadi orang se-rumah, teman kantor, atau teman kelas. Namun meskipun seseorang tertular bakteri tbc, terkadang penyakit tersebut baru muncul setahun setelah pertama kali ia terekspos dengan bakteri tbc.

oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading