Sukses

Beauty

Waspada dan Kenali Ciri Ciri TBC!

TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Dan bahaya yang sebenarnya justru terletak pada ciri ciri TBC alias gejala penyakitnya sendiri.

Mengapa? Ciri-ciri tbc hampir sama dengan penyakit batuk pada umumnya. Dan ini menjadi penyebab kadang seseorang terlambat mengetahui bahwa dirinya terjangkit penyakit tersebut.

Ketika seseorang mengalami batuk berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh setelah 3 minggu atau lebih, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter untuk menjalani tes apakah orang tersebut memang terjangkit tbc atau tidak.

Ciri-ciri lainnya antara lain demam, lemas atau lesu, nafsu makan turun, berkeringat di malam hari serta berat badan yang tiba-tiba turun. Terkadang juga muncul rasa nyeri ketika bernafas dan batuk terutama di area dada. Ciri-ciri ini hanya muncul ketika tbc aktif di dalam tubuh penderita.

Seperti yang dilansir di situs healthline.com, seseorang yang memiliki bakteri tbc di dalam tubuhnya, belum tentu memiliki ciri-ciri ini. Kondisi ini disebut TBC Laten. Namun, TBC jenis ini juga bisa berkembang menjadi tbc aktif nantinya.

Setiap orang memiliki resiko terjangkit tbc baik pria, wanita, tua, muda atau bahkan anak-anak. Karena itu anda harus tetap waspada ketika anda atau salah satu anggota keluarga anda menderita batuk yang tidak kunjung sembuh. Apalagi jika anda termasuk sering melakukan kontak dengan penderita tbc.

Nah Ladies, ingat ya. Waspada dan jangan sampai terlambat mengenali gejala TBC. Diingatkan kembali oleh laman uptodate.com bahwa penyakit ini bisa menjadi penyebab kematian jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat!

oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading