Sukses

Beauty

Serba-Serbi Pengobatan TBC

Ladies, tidak semua batuk dapat disembuhkan dengan mudah. Dan salah satu batuk yang sulit disembuhkan adalah yang termasuk dalam kategori pengobatan TBC atau penyakit tuberculosis.

Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat menular. Parahnya, bakteri penyebab penyakit ini sangat mudah menular melalui udara.

Meskipun pada umumnya bakteri tuberculosis menyerang paru-paru, bakteri ini juga bisa menyerang organ tubuh lainnya. Penyakit ini banyak ditemui di negara berkembang seperti Afrika, India, Cina, Meksiko, pulau-pulau di Asia Tenggara, Mikronesia serta beberapa daerah bekas Uni Soviet.

TBC alias tuberculosis adalah salah satu penyakit yang proses penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama. Kalau infeksi bakteri lain biasanya dapat disembuhkan dengan antibiotik dalam waktu satu atau dua minggu saja, lain halnya dengan tbc. Penderita tbc harus meminum obat-obatan selama enam hingga sembilan bulan.

Obat-obatan ini harus tetap diminum bahkan ketika gejala tbc mulai hilang. Paling tidak sampai dokter menyatakan orang tersebut bebas dari bakteri tbc. Healthline.com menyebutkan bahwa jika pengobatan tbc dihentikan sebelum pasien benar-benar bebas dari bakteri tbc, maka penyakit ini bisa muncul kembali bahkan terkadang akan lebih susah diobati karena bakteri tersebut mulai kebal dengan antibiotik yang dikonsumsi.

Karena pengobatannya yang memakan waktu cukup lama dan terkadang membutuhkan beberapa obat sekaligus, beberapa efek samping dari pengobatan tbc pun tidak bisa dihindari. Beberapa efek samping yang muncul biasanya, turunnya nafsu makan, urin yang berwarna pekat, demam 3 hari atau lebih, mual dan muntah serta warna kulit menjadi kekuning-kuningan.

oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading