Sukses

Parenting

Cara Efektif Menghindari Infeksi Bakteri Dan Virus Di Toilet Umum

Anda pasti pernah mendengar bahwa toilet umum adalah rumah dari jutaan bakteri yang dapat berpindah dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya. Namun, ketika berada di luar rumah dan ingin ke toilet, Anda tidak akan bisa menghindar dari toilet umum.

Berbagai bakteri dan virus dapat ditemukan di toilet umum, termasuk berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit seperti E.coli, streptococcus, virus hepatitis A, staphylococcus, shigella bacteria, dan organisme penyebab penyakit menular seksual.

Sebenarnya tidak semua bakteri dan virus tersebut dapat langsung menginfeksi Anda. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan menjaga kebersihan, Anda akan terhindar dari infeksi beraneka ragam bakteri dan virus yang berada di sekitar Anda.

Ada beberapa cara untuk mengurangi kontak dengan bakteri dan virus selama Anda di toilet umum. Beberapa cara ini dapat mengurangi resiko Anda terinfeksi bakteri atau virus yang ada di dalamnya. Berikut tipsnya seperti dilansir voice.yahoo.com.

(vem/cha)

Cara Menggunakan WC

Kontak dengan WC rasanya sulit dihindari, terutama jika toilet tersebut menggunakan WC jenis duduk. Sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan benda-benda dalam toilet, termasuk dengan WC.

Anda dapat menggunakan toilet cover yang seharusnya tersedia pada toilet-toilet umum. Tetapi Anda dapat membelinya dan membawa cadangan sendiri di tas Anda karena tidak semua toilet menyediakannya. Toilet cover dapat menghidarkan Anda dari kontak langsung dengan dudukan toilet yang kotor.

Ketika Anda menekan tombol untuk flush, pastikan Anda telah menutup WC. Partikel air dapat menyebar ke seluruh ruangan toilet, menutup WC akan mencegah partikel air menyebar kemana-mana.

Bawa Keperluan Toilet Sendiri

Selain untuk berjaga-jaga jika kebutuhan toilet seperti tissue atau hand towel tidak disediakan pada toilet umum, membawa keperluan toilet sendiri akan mengurangi kontak Anda dengan benda-benda di toilet.

Anda tidak pernah tahu apakah orang sebelum Anda mencuci tangannya sebelum mengambil tissue atau hand towel di toilet. Faktanya banyak orang tidak mencuci tangannya dengan cukup baik untuk membunuh bakteri di tangannya.

Batasi Kontak Langsung

Batasi kontak Anda dengan benda-benda di toilet, terutama setelah Anda mencuci tangan. Gunakan tissue untuk menutup kran air setelah mencuci tangan. Kran termasuk benda yang paling sering dipegang orang dalam toilet.

Selain itu hindari memegang alat pengering tangan secara langsung. Jika pengering tangan menggunakan tombol atau sentuhan untuk mneghidupkannya, sebaiknya anda tidak menyentuhnya langsung dengan tangan, karena Anda telah mencucinya dengan bersih sebelumnya. Gunakan tissue atau jika tidak mungkin gunakan siku Anda untuk menghidupkannya.

Anda juga tidak perlu menggunakannya jika tidak perlu, keringkan dengan tissue atau biarkan tangan kering setelah mencucinya.

Selalu Cuci Tangan

Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan Anda, terutama setelah menggunakan toilet umum. Cuci tangan Anda dengan air dan sabun setelah menggunakan toilet. Mencuci tangan akan mencegah bakteri dan virus menyebar dan mencegahnya menginfeksi Anda.

Jangan sentuh bagian tubuh Anda yang lain seperti wajah dan rambut sebelum Anda mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet. Dan, sebaiknya Anda tidak menyentuh benda apa pun dalam toilet setelah mencuci tangan Anda dengan bersih

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading