Sukses

Beauty

7 Ciri-Ciri Anda Mulai Mengidap Kanker Paru-Paru

Kesibukan dan gaya hidup seringkali bikin gaya hidup menurun. Salah satu alarm tubuh yang menunjukkan kalau tubuh Anda sedang bermasalah adalah bagian pernafasan.

Batuk, sesak nafas, nafas tak teratur atau sering nafas sambil berbunyi, bisa menjadi salah satu tanda di mana tubuh Anda perlu perhatian khusus. Sayangnya, seringkali kita mengabaikan hal ini karena belum menunjukkan gejala yang lebih parah.

Cek informasi yang dilansir dari Boldsky berikut ini. Untuk mengetahui tanda-tanda awal Anda mulai digerogoti kanker paru-paru

(vem/gil)

Batuk Yang Tidak Wajar

Batuk memang merupakan hal yang normal. Namun kalau batuk tak kunjung hilang dalam hitungan hari, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Salah satu penyebab batuk berkepanjangan kemungkinan adalah infeksi. Terutama bila batuk mudah muncul ketika suasana sedang dingin dan batuk terasa sangat sakit.

Kehabisan Nafas

Bila nafas Anda mulai berat dan kadang terengah-engah, padahal Anda tak melakukan pekerjaan yang berat, mungkin Anda perlu waspada dengan kesehatan paru-paru Anda.

Paru-paru akan bereaksi ketika ia mulai mengalami infeksi atau penyakit lainnya. Nafas terasa tersengal, bahkan kadang membuat Anda merasa sesak dan kehabisan nafas.

Sakit Pada Bagian Tubuh Tertentu

Anda mungkin merasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Sama halnya ketika Anda mengalami penyakit flu berat, sekujur tubuh dan tulang mudah merasa sakit berkepanjangan.

Masalah pernafasan yang terjadi pada paru-paru bisa menyebabkan tekanan pada syaraf, sehingga tubuh Anda terasa sakit dan ngilu.

Mudah Sakit

Penyakit berat seperti kanker akan membuat daya tahan tubuh melemah dan membuat Anda mudah sakit. Bila Anda adalah perokok, kurangi kebiasaan merokok tersebut.

Penyakit yang ditimbulkan seringkali adalah mudah lelah atau nyeri pada lutut. Selain itu Anda juga bisa mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. 

Bronkitis

Salah satu gejala kanker paru-paru adalah bronkitis. Namun ini jarang terjadi dan seringnya hanya terjadi pada perokok. Namun jangan diabaikan karena kalau dibiarkan, penyakit ini akan semakin parah dan bisa membimbing Anda pada sakitnya kanker paru-paru. Segera lakukan terapi dan penanganan untuk menyehatkan kembali paru-paru Anda.

Nafas Yang Berbunyi

Biasanya terjadi pada saat tidur, cuaca dingin dan ketika batuk mulai menyerang. Pada tahap yang agak serius, sering dianggap sebagai infeksi paru-paru.

Hal ini harus dikonsultasikan pada dokter ketika nafas berbunyi disertai batuk yang menyiksa dan lendir encer yang menyertai batuk Anda. Biasanya dari foto ronsen akan ketahuan bahwa ada masalah dalam paru-paru Anda.

Suara Yang Berubah

Saat kita mengalami flu, suara akan mudah berubah. Hal ini disebabkan oleh hidung berair dan batuk yang menyebabkan perubahan keluarnya suara.

Kalau hal ini sering terjadi seiring batuk yang melanda, maka bisa jadi hal ini mungkin menjadi gejala awal sakit paru-paru. Bila Anda atau saudara Anda mulai mengalami gejala-gejala ini, ajak untuk segera ke dokter dan lakukan terapi yang bisa membantu proses penyembuhan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading