Sukses

Beauty

5 Trik Yang Patut Dicoba Agar Nggak Cepat Lapar

Salah satu hal yang paling susah dari diet adalah menahan rasa lapar. Apalagi kalau melihat teman kanan kiri yang dengan lahap bisa ngemil ini itu dan makan semua makanan yang diinginkan. Rasanya, godaan yang satu ini sulit sekali untuk dilawan.

Tetapi siapa tahu ternyata ada trik-trik yang bisa Anda coba untuk bikin Anda jadi tahan godaan dan tidak cepat lapar. Caranya tidak susah kok, dan sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian.

Dilansir Yahoo Shine, inilah trik yang wajib Anda coba bila ingin berat badan lekas turun dan tidak mudah lapar.

Tambahkan buah alpukat

Setidaknya 30 menit sebelum makan, konsumsi 1/2 buah alpukat tanpa tambahan topping apapun. Buah alpukat selain daging buahnya lembut, ia juga kaya banyak nutrisi dan mengandung jenis lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Alpukat ini akan membuat perut jadi kenyang lebih lama.

Penelitian yang dilakukan Journal Nutrition membuktikan bahwa mereka yang kelebihan berat badan diminta untuk menambahkan menu alpukat pada menu makan siangnya. ALhasil, keinginan untuk makan lebih banyak berkurang setidaknya 40% selama tiga jam, dan berlangsung 28% selama lima jam.

Mengunyah permen karet

Ada tiga penyebab Anda merasa lapar, yang pertama adalah karena haus dan dehidrasi, yang kedua karena hanya ingin mengunyah saja, dan yang ketiga karena benar-benar lapar.

Poin kedua ini adalah salah satu poin yang paling banyak menggagalkan diet. Karena rasa ingin mengunyah sesuatu, Anda jadi ingin makan ini itu. Alhasil, sebelum makan siang Anda sudah ngemil banyak makanan yang tinggi kandungan kalorinya. Biasanya, makanan tersebut juga tidak membuat Anda kenyang lebih lama, malahan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi.

Solusi yang terbaik adalah memilih makanan yang bisa memuaskan kegiatan Anda mengunyah tetapi tidak mengandung banyak kalori, misalnya permen karet low sugar. Selain membuat nafas Anda jadi lebih segar, permen karet dapat membuat Anda jadi kenyang lebih lama karena puas mengunyah.

Tetap konsumsi makanan berkarbohidrat

Sekalipun Anda ingin menurunkan berat badan, jangan buat diri Anda benar-benar berhenti mengonsumsi karbohidrat. Apabila memang karbohidrat dari nasi Anda hindari, setidaknya temukan karbohidrat kompleks di dalam sayuran, buah-buahan dan biji-bijian atau labu-labuan dan umbi-umbian.

British Journal Nutrition mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung pati dapat membuat kenyang bertahan lebih lama, bahkan sampai 24 jam.

Berolahraga

Siapa sangka bahwa berolahraga tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membuat Anda jadi merasa kenyang lebih lama. Studi membuktikan bahwa olahraga dapat mengaktifkan sel-sel otak yang menangkap sinyal kenyang. Hasilnya, Anda jadi tidak terlalu menggila dalam porsi makan, dan bisa membatasi porsi makan serta tetap mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Minum air putih

Minum air putih sejam sebelum makan untuk mencukupi kebutuhan air minum serta meyakinkan tubuh bahwa 'lapar' yang Anda rasakan bukanlah sinyal yang salah. Ketika air minum sudah masuk ke dalam perut, Anda akan merasa kenyang, tetapi jika memang kondisi tubuh Anda menuntut Anda untuk makan, maka Anda akan yakin bahwa sinyal lapar itu bukanlah sinyal yang bohong.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading