Sukses

Beauty

Tips Mengukur Porsi Makanan Dengan Tangan

Banyak orang yang melakukan diet akhir-akhir ini. Apakah Anda salah satunya? Maka tips ini sangat penting buat Anda.

Dalam melakukan diet, selain mengatur pola makan, juga harus mengatur apa dan berapa porsi yang dimakan. Hal ini kadang membingungkan karena orang tidak terlalu hafal kalori makanan yang dikonsumsi.

Namun menurut penelitian, kini ada cara mudah mengukur porsi makanan ideal dengan menggunakan telapak tangan kita sendiri. Pasalnya, peneliti menemukan bahwa selama 20 tahun terakhir, orang-orang mengonsumsi makanan 2 kali porsi yang seharusnya mereka makan. Nah, agar Anda paham dengan lebih mudah, coba lihat gambar di bawah ini.

(c) dailymail.co.uk

Karbohidrat: Makanan seperti nasi, pasta dan karbohidrat lainnya, sebaiknya dikonsumsi tak lebih besar dari kepalan tangan Anda.

Butter/Mentega: Porsi yang sebaiknya Anda gunakan cukup 1/3 dari ruas jari. Menurut peneliti, 1 sdt butter sama dengan 37 kalori dan 1 sdm butter adalah 3 kalinya atau sekitar 111 kalori.

Keju dan Selai Kacang: Porsi keju yang disarankan adalah sama dengan 2 kali 2/3 ruas jari. Sementara selai-selaian seperti selai kacang sebaiknya cukup separuh jempol saja.

Es Krim: Es krim double size biasanya sama dengan sekepal tangan kita. Jadi bila ingin menikmati dengan porsi yang aman untuk berat badan dan timbangan Anda, gunakan setengah kepalan tangan saja.

Daging-Dagingan: Bila Anda ingin mengonsumsi daging-dagingan, konsumsilah selebar telapak tangan Anda tanpa ruas-ruas jari. Biasanya daging yang paling sering dikonsumsi dalam jumlah lebih dan berpotensi menimbun lemak serta kolesterol.

Ini adalah cara yang mudah dan praktis untuk mengukur porsi per waktu makan Anda. Sehingga konsumsi makanan Anda tak akan berlebihan. Namun jangan malas untuk mencari informasi tentang gaya makan sehat lainnya. Karena kombinasi gaya hidup sehat bisa membuat kesehatan Anda lebih dinamis dan tak mengalami kejenuhan. Stay healthty.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading