Sukses

Parenting

Masihkah si Kecil Tumbuh?

Moms, saat usia kandungan mencapai 37 minggu hingga 40 minggu, berarti kandungna sudah berada di masa antara 'at term' dan 'full term'. Keduanya berarti Janin bisa lahir kapan saja di minggu-minggu tersebut. Tapi, apakah si kecil masih mengalami pertumbuhan?

Menurut baby2see.com, janin di minggu-minggu terakhir masih mengalami pertumbuhan. Terutama, adalah bertambahnya berat badan.

Di situs tersebut diperkirakan kalau janin memiliki berat sekitar 3,4 kg dan panjang tubuh 51 cm. Berat badan bertambah karena bayi memproduksi jaringan lemak. Jaringan lemak itu berfungsi sebagai penjaga suhu tubuh ketika nanti bayi lahir ke dunia. Pasti suhu janin berbeda dengan suhu lingkungan kan, Moms?

Selain untuk menjaga suhu tubuh, jaringan lemak juga menghilangkan penampilan keriput pada kulit bayi. Bayi tampak lebih sehat dan berisi.

Moms juga perlu mengetahui nih, kalau di minggu ke 39, janin masih suka bergerak, hanya saja semakin terbasi oleh besar tubuhnya sendiri. Janin tak bisa lagi jungkir balik, dan gerakan yang mungkin dilakukannya hanyalah berpindah sisi, memukul, dan menendang-nendang.

Gerakan-gerakan itu pun sudah terasa di tempat yang berbeda, Moms. Jika sebelumnya terasa pada perut bagian atas, di minggu ke 39, terasa pada daerah pelvis.

Jadi, si kecil sama seperti Moms, tak sabar ingin menjalani proses persalinan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading