Sukses

Parenting

Bagaimana Kondisi Janin Menjelang Perasalinan?

Moms, terhitung sejak minggu ke 37, Moms sangat mungkin mengalami tanda-tanda persalinan. Si kecil sudah tumbuh sempurna, tinggal tindakan 'finishing'-nya saja. Ibarat membangun rumah, semuanya sudah jadi dan tertata rapi, hanya tinggal menambahkan aksesori-aksesori kecil sebagai pemanis sudut-sudut rumah.

Seperti yang dilansir dari laman baby2see.com. Usia kandungna yang mencapai 38 minggu memungkinkan janin memiliki persentase keselamatan yang tinggi ketika dilahirkan. Faal tubuhnya sudah berfungsi, dan organ-organ yang terlibat pun sudah tumbuh sempurna. Ukuran janin pun sudah tidak terlalu kecil lagi.

Penampilan janin juga semakin rupawan lho, Moms. Lanugo dan vernix yang dulu melapisi kulit janin berangsur-angsur rontok dan hilang. Ke dua hal itu menuju usus janin dan berakhir menjadi Meconium (feses janin).

Moms juga perlu tahu, kalau janin pun sudah bersiap-siap untuk proses persalinan. Dia memposisikan diri dengan kepala atau pantat yang mengarah serviks (mulut rahim). Posisi itu memudahkan proses persalinan tentunya.

Lalu, mengapa persalinan belum terjadi?

Di laman yang sama dituliskan kalau menambah jaringan lemak dan berat badan adalah tugas utama janin di minggu ke 38, 39 dan 40 (minggu-minggu terakhir). Jaringan lemak itu berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap normal saat janin berinteraksi dengan lingkungan di luar rahim.

Jadi, di minggu ke 38, janin memiliki kondisi yang sempurna untuk kelahiran. Tak lama lag si kecil akan berada pada pelukan Moms! Selamat ya!

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading