Sukses

Beauty

Sering Dengar Suara Berisik Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Suara berisik bisa membunuh Anda pelan-pelan. Suara kencang tidak hanya merusak pendengaran, tapi juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menemukan hal yang mengejutkan. Orang yang sering mendengarkan suara berisik dalam waktu lama akan meningkatkan risiko sakit jantung. Pria yang terkena mendengar kebisingan akan meningkatkan risiko sebanyak 56 persen. Sedangkan pada wanita, angkanya jauh lebih besar, yaitu 300 persen.

Yang mengejutkan, rumah sakit menjadi tempat yang lebih bising ketimbang suara sepeda motor. Suara mengejutkan di bangsal rumah sakit seperti roda tempat tidur, suara sirine, bel gawat darurat dan sebagainya mencapai angka kebisingan 113 desibel. Sedangkan sepeda motor hanya 95 desibel. Hasil penelitian tersebut dilansir oleh Newsmaxhealth.com.

Dirawat di Rumah Sakit Justru Semakin Sakit

Akibatnya, orang-orang yang dirawat cukup lama di rumah sakit sering mengalami kenaikan tekanan darah tinggi bahkan meningkatkan risiko stroke. Para ilmuwan percaya bahwa kebisingan dapat meningkatkan hormon stres. Ditambah lagi, suara bising ini membuat pasien kehilangan waktu tidurnya. Bahkan psikologis Dr Jack Singer mengatakan bahwa efek fisiologis dari paparan suara berisik adalah kerusakan mental.

Bagaimana caranya agar saat dirawat di rumah sakit, Anda tetap sehat dan tidak mengalami sakit lebih parah karena suara berisik? Para ilmuwan menyarankan memakai pelindung telinga. Pakai juga pelindung ini saat Anda ada di bandara, gym dan tempat lain yang berpotensi menimbulkan suara berisik.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading