Sukses

Beauty

Tips Menggunakan Obat Herbal Agar Tetap Aman

Obat herbal adalah salah satu jenis obat alternatif yang sering digunakan oleh penderita penyakit tertentu sebelum mereka benar-benar siap dengan penanganan dokter medis yang asli. Cara ini memang tidak menakutkan, namun obat alternatif sebagaimana disebutkan namanya, mungkin tidak seampuh penanganan medis.

Penggunaannya pun tak bisa sembarangan. Salah menggunakan, bisa berbahaya bagi ginjal dan fungsi hati kita. Lho tapi kan ini obat alami?

Obat alami tak berarti tak punya efek samping. Ibaratnya kita makan mangga yang sehat. Kalau kebanyakan bisa sakit perut juga kan? Nah, sama halnya dengan obat herbal. Agar aman dan menyehatkan bagi kesehatan, cobalah beberapa cara berikut ini.

Obat Herbal Hanya Penunjang

Jangan serahkan kesembuhan pada obat herbal Anda. Namun cukup positif thinking pada apa yang Anda lakukan. Lakukan gaya hidup sehat sehingga hasilnya optimal. Misalnya, makanan sehat, olahraga, istirahat dan makan teratur.

Banyak Minum Air Putih

Obat herbal yang sering membuat kita dehidrasi adalah yang khasiatnya melunturkan lemak. Biasanya pada obat pelangsing berupa kaplet ataupun teh. Namun, minum teh terlalu banyak juga kurang baik bagi ginjal Anda, Bagaimanapun, tubuh butuh cairan netral untuk membersihkan muatan yang tak diperlukan dalam tubuh atau sisa metabolisme.

Cek Review

Di jaman internet seperti ini, jangan malas untuk mencari review dan penelitian. Misalnya tentang teh daun sirsak yang katanya mampu menyembuhkan kanker. Perhatikan dosisnya, hasilnya dan efek samping yang ditimbulkan. Atau tentang teh kulit manggis. Menggunakan teh kulit manggis asli dengan ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di pasaran, efek sampingnya juga akan berbeda, karena mungkin ada zat lain yang ditambahkan.

Rutin, Tapi Sampai Waktu Tertentu

Anda bisa menggunakan obat herbal, namun tidak selamanya. Obat herbal bersifat terapi dan sebaiknya memang dilakukan dengan rutin. Namun pada umumnya perlu dihentikan pemakaiannnya setelah hasilnya nampak. Hal ini untuk mencegah ketergantungan atau tubuh yang malah kebal dengan metode pengobatan tersebut.

Obat herbal memang alami, namun kalau Anda mengalami alergi, sebaiknya dihentikan. Selain itu, Anda tetap perlu melakukan cek ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan. Siapa tahu, obat herbal Anda memberikan kemajuan atau malah kemunduran dalam kesehatan Anda.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading