Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Bumil

Ladies, sebagai wanita kita terkadang akan mempunyai masalah di kaki. Salah satunya adalah pembengkakan pada kaki. Kaki bengkak ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti obesitas, tekanan darah tinggi atau bahkan ketika hamil.

Saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak cairan dan prosesnya berlangsung lebih banyak dari biasanya, karena itu kaki ibu hamil cenderung akan membengkak. Selain itu, rahim yang semakin membesar lebih memberikan tekanan pada pembuluh darah juga menjadi penyebab kenapa ibu hamil mempunyai permasalahan ini.

Permasalahan ini akan hilang saat setelah proses melahirkan. Namun terkadang pembengkakan kaki terasa sedikit mengganggu ya Bunda. Untuk itu, Vemale akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi pembengkakan pada kaki ibu hamil ini.

Olahraga

Lakukan olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil. Yoga ibu hamil salah satu contohnya. Olahraga ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan melenturkan tubuh Anda. Selain yoga, Anda bisa juga melakukan olahraga renang. Berenang membuat kaki terus bergerak dan mengapung di air sehingga bisa membantu Anda mengurangi pembengkakan di kaki.

Kompres Dengan Air Dingin

Cobalah untuk mengompres kaki Anda yang bengkak dengan air dingin. Air ini akan membantu merilekskan kaki Anda dan melancarkan peredaran darah pada kaki sehingga bisa mengurangi pembengkakan.

Pijat

Bunda, Anda bisa memijat kaki yang bengkak dengan perlahan. Jika Anda ingin menemui seorang pemijat, pastikan untuk datang ke tempat pijat khusus ibu hamil untuk membantu mengurangi bengkak di kaki Anda.

Banyak Minum

Air putih mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Jadi saat hamil, jangan malas untuk banyak minum air putih ya Bunda. Dengan banyak minum air putih, badan akan mendapatkan cairan dengan baik yang nantinya bisa mengurangi bengkak Anda.

Posisi Tidur Miring Ke Kiri

Cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke arah kiri. Jika miring ke kanan, bisa menghambat aliran pembuluh darah ke jantung. Bunda juga bisa menyanggah kaki dengan guling untuk memperlancar aliran darah.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu para calon ibu untuk mengurangi pembengkakan pada kaki ya Bunda. Tetap jaga kesehatan dan kondisi Anda karena sebentar lagi, Anda akan menjadi seorang ibu.

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading