KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Ternyata, Minyak Sayur Tidak Sehat Untuk Jantung

Jum'at, 22 November 2013 08:30 Penulis: dyn
(c) shutterstock

Vemale.com - Jika selama ini Anda sering mendengar bahwa minyak sayur lebih bagus daripada minyak goreng yang biasa Anda pakai, mungkin Anda harus berpikir ulang.

Sebuah penelitian dari studi yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal menyebutkan bahwa minyak sayur justru bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Waduh, benarkah?

Memang, peran lemak jenuh hewani pada minyak goreng biasa digantikan dengan minyak nabati tak jenuh ganda yang bisa mengurangi kadar kolesterol dan membantu mencegah penyakit jantung. Namun, belum ada jaminan pasti dari evaluasi yang terakhir dilakukan menurut Drs. Richard Bazinet dari Departemen Ilmu Gizi, Universitas Toronto dan Michael Chu.

Jagung dan juga minyak safflower memang kaya akan omega 6 linoleat tapi ini tidak terkait dengan yang sering dikatakan dapat menguntungkan kesehatan jantung menurut studi yang terbaru. Memang, ketika dilakukan penelitian, kadar serum kolesterol yang dimiliki setelah mengganti lemak jenuh hewani dengan minyak nabati tak jenuh mengalami penurunan.

Namun, ini tidak berlaku pada efeknya terhadap jantung. Bahkan, tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan gangguan arteri meningkat secara signifikan. Jadi, apa yang selama ini dipercaya tidak juga terbukti. Setelah adanya penelitian terbaru ini, Anda harus lebih waspada ya ladies dalam menggunakan minyak sayur. Penggunaan minyak memang tidak selalu bagus untuk tubuh, karenanya Anda harus bijak.

(vem/dyn)
KOMENTAR PEMBACA