Sukses

Beauty

Anemia Itu Bukan Darah Rendah, Ladies Waspadalah!

Ladies, kerapkali Anda menganggap bahwa anemia dan darah rendah itu sama. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya keduanya adalah berbeda. Darah rendah adalah saat di mana tekanan darah Anda memang rendah. Sedangkan anemia adalah kondisi darah Anda yang ditandai dengan kurangnya kadar hemoglobin. Saat anemia, kadar hemoglobin dalam darah Anda kurang dari 11 mg. Berdasarkan sifat terjadinya, anemia dibedakan menjadi dua yaitu anemia akut/mendadak dan anemia kronik/menahun. Dilansir dari duniafitnes.com, gejala anemia juga tergantung pada jenis anemia yang Anda derita.

Ketika Anda menderita anemia akut/mendadak, maka gejala yang muncul adalah:

  • Wajah Anda akan menjadi pucat mendadak
  • Keluar keringat dingin
  • Pingsan bahkan kematian

Sedangkan pada anemia kronik/tahunan, gejalanya adalah:

  • Anda akan menjadi mudah lelah, lemas, pucat, dan sesak
  • Jika terjadi pada anak kecil, ia akan mengalami gangguan pertumbuhan

Penyebab Anemia

Penyebab anemia ternyata beragam Ladies. Jika dilihat dari namanya anemia mendadak, maka penyebabnya juga terjadi secara mendadak. Kecelakaan, operasi atau bedah, ataupun pendarahan yang terlalu parah adalah penyebab dari anemia akut/mendadak. Sedangkan penyebab terjadinya anemia kronik atau menahun disebabkan karena kurangnya nutrisi seperti zat besi, asam folat dan B12, cacingan, serta juga bisa karena pernah mengalami pendarahan. Gagal ginjal, kanker darah hingga gangguan produksi darah di sumsum tulang belakang juga bisa menyebabkan anemia. Untuk mengetahui apa penyebab kurang darah Anda dapat melakukan pemeriksaan pada dokter atau laboratorium.

Pengobatan Anemia

Pengobatan anemia yang tepat yaitu sesuai dengan penyebab anemia itu sendiri Ladies. Pada anemia yang disebabkan oleh pendarahan hebat karena kecelakaan atau operasi, maka transfusi darah adalah cara yang tepat untuk menyelamatkan nyawa orang tersebut. Suplemen zat besi, asam folat, dan B12 cocok diberikan bagi Anda yang mengalami anemia tahunan. Konsumsi suplemen zat besi akan memberikan warna kehitaman pada feses Anda. Tapi jangan khawatir Ladies, kondisi ini normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Ladies, ternyata Anda yang memiliki gejala anemia tidak disarankan untuk langsung mengonsumsi obat-obatan penambah darah. Mengapa?

  • Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab anemia Anda. Karena seperti dijelaskan di atas, penyebab anemia itu beragam.
  • Anemia yang Anda derita bisa merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius seperti kanker atau gangguan sumsum tulang.

Sekarang Anda sudah tahu kan kalau anemia tidak sama dengan darah rendah. Meskipun gejalanya hampir sama, ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading