Sukses

Beauty

Tumis Daun Pakis

Daun pakis memang tidak terlalu populer di pulau Jawa, namun banyak dijumpai sebagai makanan sehari-hari di pulau Sumatra. Jenis tanaman liar ini selain gurih rasanya ternyata banyak manfaatnya lho.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada tanaman pakis dapat memperkuat jaringan ikat seperti tulang rawan, membran kapiler, dan penyembuhan luka. Sedangkan kandungan kalsium yang terdapat dalam tanaman jenis paku-pakuan ini mencapai 42 miligram dan fosfor 172 miligram dalam setiap 100 gram dapat mengurangi resiko rematik dan rapuhnya tulang seperti yang diulas di anneahira.com

Ladies, tentu saja anda ingin tahu bagaimana cara memasak daun pakis kan? Daun pakis biasanya diolah menjadi sayur bobor, gulai, orak-arik, lalapan, dan paling populer ditumis. Yuk kita intip cara membuat tumis daun pakis yang disajikan di www.sajiansedap.com. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Siapkan bahan seperti 100 gram daging ikan tongkol bakar, 200 gram daun pakis, 100 gram bunga papaya (direbus), dan 2 sendok minyak goring untuk menumis.

- Siapkan bumbu: 5 buah cabai merah, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 cm jahe, ½ sendok terasi, garam, gula pasir, dan merica.

- Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian masukkan daging tongkol yang sudah disuwir kecil-keci dan aduk hingga rata.

- Tambahkan daun pakis dan bunga papaya dan diaduk hingga layu. Tumis pakis disajikan untuk 4 porsi

Selain mudah didapat, daun pakis juga sangat mudah untuk disajikan sebagai masakan sehari-hari. Ladies, bagaimana? Mau mencoba?

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading