Sukses

Beauty

Menjadikan Bunga Matahari Sebagai Obat Alami

Bunga berwarna kuning dengan bagian tengah berwarna cokelat ini sering dijumpai di toko bunga sebagai tanaman hias, namun bukan hanya bentuknya yang cantik dan menarik yang menjadikan bunga ini dikagumi. Bunga matahari juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah kesehatan Anda.

Kebanyakan orang akan berpikir hanya bijinya atau sering disebut dengan kwaci, yang bisa dikonsumsi. Tapi jangan salah Ladies, ternyata semua bagian dari tanaman bunga matahari bisa digunakan, lho.

Seperti dikutip dari www.iptek.net.id, bunga matahari dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa nyeri. Anda hanya perlu merebus bunganya dengan segelas air dan menyisakan separuh air rebusannya, kemudian diminum dua kali sehari setelah makan.

Sedangkan untuk daunnya, dapat menjadi obat antiradang, mengurangi rasa nyeri, dan anti malaria. Cara mengobatinya juga sama, dengan merebus daun dan meminum air hasil rebusannya.

Biji bunga matahari, menurut Dr. James E. Duke, penulis buku Anti-ageing Prescription di permathic.blogspot.com, mengandung triptofan. Selain itu juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan B6 yang berguna untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat.

Untuk akar, selain bisa meredakan batuk dan mengatasi keputihan, juga mengobati infeksi saluran kemih. Anda bisa membelinya di toko-toko herbal, merebus dan meminumnya selagi hangat.

Yang terakhir adalah penggunaan sumsum batangnya yang dapat dimanfaatkan untuk erangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih.

Oleh : Anindya Febi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading