Sukses

Beauty

Obat Herbal dan Obat Kimia Secara Bersamaan

Semakin gencarnya isu efek samping obat kimia, semakin mambuat Moms semua berpikir ulang untuk mengonsumsi obat-obatan kimia. Namun, seperti dirangkumkan dari herbalisnusantara.com, mengonsumsi obat herbal saja kadang juga membuat hati kurang tenang lantaran tidak banyak studi ilmiah yang mengkaji tentang bukti ilmiah dari obat herbal atau obat yang dibuat dari tanaman obat tradisional. Solusi yang terbesit di hati moms lantas bagaimana jika obat herbal dipadukan dengan obat kimia?

Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, Sp.F(K) seorang ahli pengobatan sebagaimana dikutip dalam situs parenting.co.id, penggunaan obat kimia dan obat herbal tergantung dari kandungan dari obat tersebut. Penggunaan obat kimia biasanya didampingi dengan saran dan resep dokter. Penggunaan secara bersamaan dengan obat herbal juga tentu harus sepengetahuan dari dokter.

Beliau mempertegas, selama tidak ada kontraindikasi antara obat kimia dan obat herbal yang terbuat dari bahan kimia, maka hal itu boleh-boleh saja. Namun, terkadang moms kurang dapat mendapatkan akses informasi terkait kontraindikasi antara obat herbal dengan obat kimia.

Hal yang terpenting bagi moms ketika ragu dalam menentukan jenis obat mana yang lebih cocok pada gejala adalah penanganan yang cepat. Ketika buah hati moms mengalami gejala atau sakit, jangan bingung dengan kontraindikasi dari obat herbal atau obat kimia, melainkan secepatnya membawa dan merujuk buah hati moms ke dokter terdekat. Hal ini dirasa lebih aman dan lebih efektif untuk menyembuhkan buah hati.

Oleh: Guk Sueb

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading