Sukses

Food

7 Jenis Makanan Serba MSG Tapi Masih Dicari dan Digemari

Ladies, banyak pakar kesehatan dan kuliner yang menganjurkan kita untuk selalu stay pada makanan sehat. Menghindari pengawet, juga menghindari berbagai bahan kimia maupun MSG.

Namun daya pikat MSG untuk melezatkan makanan masih sulit ditangkal. Apalagi bagi penikmat kuliner jaman sekarang. Kesibukan bisa jadi salah satu alasan seseorang jadi kurang perhatian dengan hal tersebut. Alasan lainnya adalah sudah terlanjur jatuh cinta dengan rasa masakan dengan MSG yang memang jauh lebih gurih dan nendang.

FIMELA telah merangkum setidaknya ada lebih dari 5 jenis makanan mengandung MSG yang masih dicari dan digemari di Indonesia. Penasaran, apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Bakso

Makanan yang satu ini paling terkenal dengan kandungan MSG nya. Pada mangkok mie tukang bakso langganan Anda saja, mungkin sudah terlihat 'endorse' merk MSG yang digunakan. Selain pada adonan bakso, kuah mie paling banyak mengandung MSG dan garam.

Namun tetap saja, jajanan ini paling banyak dicari dan bisa kita temukan dijual di pinggir jalan maupun di kota besar. Siapa yang bisa nolak nikmatnya semangkuk bakso pedas dengan saus merah dan sambal. Selain bakso, makanan sejenis yang mengandung MSG adalah jenis cilok atau pentol yang juga banyak dijual di pinggir jalan.

 

2. Mie Instan

Nah, ini dia yang menjadi makanan favorit namun juga menjadi momok bagi kesehatan orang banyak. Mie instant dalam bumbunya saja sudah mengandung banyak MSG. Namun makanan yang terkenal dengan sebutan 'penyelamat anak kos' ini cukup sulit dihilangkan dari menu makanan banyak orang.

Mie kriting yang berkuah atau dengan bumbu pedas dan telur mata sapi adalah kenikmatan yang tak tergantikan. Well, tapi tak ada salahnya untuk mengontrol konsumsi mie instan, setiap harinya. 

3. Aneka Jajanan Masa Anak-anak

Snack kemasan jaman kanak-kanak adalah salah satu makanan yang masih digemari meski seseorang sudah beranjak dewasa. Wajar sih, rasanya memang nostalgia banget ya? Selain kaya MSG, makanan ini juga banyak mengandung bahan pengawet, bahkan pewarna.

4. Frozen Food

Makanan beku memang enak disantap, namun bahan-bahan yang digunakan mungkin tak pernah kamu bayangkan. Beberapa waktu lalu, chicken nugget terbukti hanya 50% saja kandungan dagingnya. Sisanya adalah bahan tambahan, bahkan tulang. Dan yang pasti, makanan ini tak terlepas dari kandungan MSG.

5. Junk Food/ Fast Food

 

Tidak beda jauh dari frozen food, junk food adalah salah satu makanan yang mengandung MSG dan garam tinggi. Itulah yang membuat makanan ini jadi salah satu makanan paling bikin ketagihan di dunia, namun juga bisa menjadi makanan yang mengancam kesehatan. Salah satu makanan masa kecil yang hits dan ketahuan banget MSG nya adalah keripik lidi dan makaroni. Siapa yang masih ingat?

6. Gorengan

 

Untuk membangkitkan selera, kebanyakan gorengan menggunakan MSG. Tepung bumbu atau sejenisnya yang digunakan tidak luput dari penggunaan vetsin. Selain nikmat disantap selagi hangat, gorengan merupakan makanan yang banyak dijual di pasaran.

7. Masakan Rumah

Tidak dipungkiri, tak sedikit ibu yang menggunakan MSG sebagai tambahan bumbu masak mereka. Apalagi sasaran pemasaran MSG adalah para ibu rumah tangga yang ingin makanannya lebih lezat dan disayang suami. Mungkin tak ada salahnya untuk menyarankan agar beralih ke bumbu dasar saja.

MSG adalah bom waktu bagi kesehatan. Saat ini mungkin belum terasa apa-apa, namun tak ada yang bisa menjamin dirimu baik-baik saja di masa mendatang. So, makan yang sehat mulai dari sekarang. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading