Sukses

Beauty

5 Makanan Yang Bisa Melawan Diabetes

Diabetes sudah menjadi masalah kesehatan yang mengganggu banyak orang di dunia. Gangguan ini melibatkan puluhan juta orang. Diabetes dianggap sebagai gangguan yang mematikan karena bisa melanjutkan komplikasi serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan kerusakan saraf.

Dilansir oleh Newsmaxhealth.com, diabetes dibagi jadi 2. Diabetes tipe 1 akan membuat penderitanya tidak dapat menghasilkan insulin yang diperlukan untuk memecah gula dan pati menjadi energi. Sedangkan diabetes tipe 2 membuat penderitanya tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Cara memerangi diabetes adalah dengan pola makan. Inilah beberapa makanan yang dapat menurunkan gula darah:

Kayu Manis

Walaupun namanya kayu manis, bahan makanan ini bersahabat dengan kesehatan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tiga hingga enam gram kayu manis setiap hari dapat menurunkan kadar glukosa hingga 29 persen. Hal ini disebabkan karena kayu manis mengandung zat MHCP yang dapat memperbarui sel lemak untuk merespon insulin dan menghapus glukosa.

Labu

Penelitian yang dilakukan East China Normal University menyebutkan bahwa bahan kimia dalam labu membantu meregenerasi sel pankreas yang rusak. Senyawa ini akan membuat pankreas memproduksi insulin. Labu yang dipakai adalah labu yang berwarna jingga.

Buah Pome (Delima)

Buah pome atau delima memiliki khasiat yang sangat hebat untuk menjaga kesehatan manusia. Walaupun rasanya manis, para peneliti tidak melihat pengaruh manis itu pada kadar gula darah. Jus pome alami yang diminum setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat diabetes.

Bawang Putih

Bawang putih sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam banyak kebudayaan. Menurut .S. Department of Agriculture's Human Nutrition Center, bawang putih dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah. Dalam penelitian lain, bawang putih terbukti dapat menurunkan gula darah. Hak ini disebabkan karena bawang putih bisa merangsang pembentukan insulin.

Apel

Khasiat apel tidak diragukan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University bahwa makan 2 porsi buah seperti apel, blueberry dan anggur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23 persen. Penelitian lain juga membuktikan bahwa orang yang rutin makan apel setiap hari akan menurunkan risiko diabetes sebanyak 20 persen.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda makin sehat.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading