Sukses

Beauty

Masukkan Makanan-Makanan Ini Dalam Daftar Belanja Anda

Kolesterol merajalela di mana-mana. Banyak media massa menyajikan berita tentang bahaya kolesterol sampai berlomba-lomba untuk memberikan resep makanan yang rendah kolesterol. Seperti yang dilansir dari situs resmi doctoroz.com, ada beberapa daftar makanan rendah kolesterol yang bisa Anda masak sesuai dengan keinginan Anda.

Pisang: Pisang mengandung banyak serat larut yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu penyerapan sari-sari makanan.

Salmon: Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, yang memperlambat proses penimbunan lemak di pembuluh darah arteri Anda. Salmon juga membantu meningkatkan kadar HDL yang melindungi kolesterol baik dan menstabilkan trigliserida. Seperti yang dikutip dari labparahita.com, trigliserida adalah salah satu jenis lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi, namun trigliserida dalam jumlah yang berlebih dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit jantung atau sebagai indikasi terhadap sindrom metabolik.

Sarden: Sama seperti salmon, jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang melindungi pembuluh darah dari penimbunan lemak.

Minyak zaitun: Bukan hanya untuk produk kecantikan, ternyata minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang terbukti membantu menurunkan kadar LDL atau lemak jahat yang terkandung pada kolesterol. Tambahkan ekstra minyak zaitun pada setiap masakan Anda untuk menghindari kolesterol jahat.

Bawang putih: Bawang putih dapat membantu mencegah oksidasi dari LDL yang membantu mengurangi efek negatif kolesterol yang dapat merusak pembuluh darah.

Bayam: Lutein, pigmen yang ditemukan dalam beberapa sayuran seperti bayam, telah terbukti untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri. Bayam juga mengandung vitamin E, yang membantu mencegah penumpukan plak.

Anggur: Seperti pisang, anggur juga mengandung serat larut, yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol makanan. Suatu senyawa antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

Dark chocolate: Pada beberapa orang, antioksidan seperti flavanol yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat menurunkan LDL, serta menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah ke otak dan jantung.

Alpukat: Lemak baik dalam alpukat membantu untuk meningkatkan kolesterol baik, yang membantu melindungi arteri dari efek kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta sitosterol yang dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Terong Jepang: terong jepang terbuat dari serat penurun kolesterol dan mengandung beberapa senyawa yang dapat bekerja untuk menurunkan LDL.

Itulah beberapa makanan yang membantu Anda hidup sehat, jangan lupa memasukkannya dalam daftar belanjaan Anda ya.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading