Sukses

Beauty

5 Cara Agar Terhindar Dari Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit mematikan yang telah merengut banyak jiwa wanita. Bila dahulu sejarah kesehatan keluarga menjadi tertuduh ancaman kanker payudara, kini lifestyle-lah yang boleh dikecam sebagai pemicu aneka penyakit mematikan.

Untuk itu, sebagai wanita Anda harus rutin melakukan gerakan SADAR, yang bermanfaat untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Caranya adalah dengan meraba bagian payudara dan menemukan benjolan aneh di sana. Apabila Anda menemukan, maka tak perlu panik dan pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Namun bila Anda tidak menemukan benjolan tersebut, Anda tetap harus berhati-hati serta melakukan beberapa hal ini agar terjauh dari ancaman kanker payudara.

30 Menit setiap hari

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengurangi resiko serangan penyakit kanker. Anda juga disarankan untuk menjaga berat badan, karena umumnya kanker diidap oleh mereka yang berlebihan berat badannya.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan program diet Anda. Pilih diet yang sehat dan lebih mengutamakan kesehatan daripada kecantikan semata.

3/4 sayuran, 1/4 protein

Saat mengonsumsi makanan setiap hari, ikuti panduan makan 3/4 sayuran atau buah-buahan dan 1/4 protein saja. Menurut Stanford Cancer Institute, seperti dikutip dari care2.com, mereka yang gemar mengonsumsi sayuran dan buah-buahan akan membantu melindungi dan mencegah perkembangan sel kanker.

Kukus atau rebus

Antioksidan di dalam sayuran, nilainya jauh lebih tinggi bila dikukus atau direbus. Antioksidan ini akan berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker payudara.

Hindari menu-menu yang dimasak dengan microwave, oven atau bebakaran dan lebih baik pilih yang dikukus atau direbus saja.

Hindari merokok

Sebenarnya tak cukup menghindari saja, tetapi Anda juga harus berusaha menghentikan kebiasaan buruk merokok. Anda perlu tahu bahwa 30% penderita kanker adalah perokok aktif.

Seperti sudah disebutkan dalam kemasan rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi dan penyakit berbahaya lainnya.

Hindari alkohol

Hindari mengonsumsi alkohol terlalu banyak dan berlebihan. Beberapa minuman beralkohol mungkin menyumbangkan manfaat kesehatan. Namun bila jumlahnya terlalu banyak maka ia dapat meningkatkan jumlah sel kanker dan membantu perkembangannya.

Ditemukan oleh penelitian bahwa di dalam alkohol terdapat zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

Di bulan yang memperingati kanker payudara ini, mari sebarkan informasi penting ini dan berantas penyakit mematikan yang berbahaya bagi wanita. Yuk share dan like artikel ini di Facebook dan Twittermu.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading