Sukses

Beauty

5 Langkah Agar Anda Bisa BAB Lebih Rutin

Buang air besar tak bisa setiap hari? Mungkin ada yang salah dengan gaya hidup Anda. Rata-rata orang mengalami susah BAB karena gaya hidup mereka yang kurang teratur. Entah hal itu dari makanan maupun kebiasaan sehari-hari.

Kadang kita mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi obat-obatan pencahar. Hal ini mungkin bisa membantu, namun juga memberikan efek melilit dan kurang bagus untuk kesehatan hati serta ginjal Anda. Bila Anda ingin mencoba cara yang lebih aman, lakukan 5 langkah berikut ini.

Seimbangkan Cairan Dan Serat

Dilansir dari quickanddirtytips.com, serat dan cairan lebih bisa berkombinasi dengan baik dalam pencernaan dibandingkan berjalan sendiri-sendiri. Selagi Anda rajin minum air putih, imbangi dengan serat sayur dan buah. Keduanya bisa membantu jalur pencernaan makanan lebih lancar.

Beberapa buah yang direkomendasikan antara lain adalah pisang, pepaya dan semangka. Sementara untuk cairan yang Anda konsumsi, tetap perbanyak air putih atau jus buah dan sayuran.

Kurangi Konsumsi Kopi Dan Teh

Kopi adalah pedang bermata dua bagi pencernaan. Beberapa orang mudah merasakan perut melilit akibat minum kopi. Hal ini bisa memaksa perut untuk mengeluarkan sisa pencernaan, namun juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Bila Anda adalah peminum yang cukup aktif dari kedua jenis minuman ini, sebaiknya perbanyak konsumsi serat Anda. Seperti pada poin pertama.

Diet Karbohidrat Seringkali Menyebabkan Konstipasi

Tidak makan nasi tapi banyak makan protein dan serat juga bisa menghambat pencernaan Anda. Seringkali seorang dieter karbohidrat memang tidak makan karbo, tapi menambah suplai protein dan tidak menambah serat. Hal inilah yang juga menyebabkan konstipasi.

Susu Yang Menyebabkan Susah BAB

Susu dan produk susu bisa menjadi penyebab Anda sulit buang air besar. Susu memang kaya kalsium dan biasanya hal ini akan memberatkan kinerja pencernaan di area ginjal. Bila Anda tak bisa hidup tanpa susu, bisa menggantinya dengan susu kedelai atau mengonsumsi makanan yang diperkaya magnesium dan potasium.

Jangan Begadang

Begadang membuat detoksifikasi tubuh Anda terhambat. Pada jam-jam tertentu, tubuh kita sebenarnya melakukan regenerasi sel dan detoksifikasi pada bagian pernafasan, pencernaan dan beberapa bagian tubuh lainnya. Bila Anda begadang, maka hal ini membuat tubuh tak sempat mengeluarkan racun.

Biasakan untuk mulai berhenti makan 3-4 jam sebelum Anda tidur. Perlu juga untuk tidur tepat waktu dan mulai hari Anda dengan membersihkan usus, yaitu minum air putih atau perasan lemon yang diberi air.

Cobalah beberapa langkah di atas, Ladies. Rajin BAB juga mencegah agar perut Anda tetap langsing dan sehat. Stay healthy.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading