KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Ternyata Menggeretakkan Tangan Dan Jari Berbahaya Bagi Tulang

Kamis, 19 September 2013 14:10 Penulis: sya
(c) ShutterStock

Vemale.com - Menggerakkan anggota tubuh yang terasa letih usai duduk seharian atau mengerjakan pekerjaan rumah memang memberi efek 'lega'. Misalnya saja menggeretakkan tangan dan jari. Sensasi senang ketika tangan dan jari digeretakkan dan berbunyi memberikan sugesti bahwa tubuh memang sakit semua dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Namun benarkah seperti itu?

Ternyata tidak ladies, justru menggeretakkan tangan dan jari itu berbahaya lho! Kebiasaan ini bisa membuat tulang-tulang dan sendi Anda bermasalah. Secara sederhana, persendian adalah titik di mana dua tulang (atau lebih) bertemu. Ligamen menghubungkan tulang yang satu dengan yang lain, sementara kapsul sendimembungkusnya. Kapsul sendi berisi pelumas alami yang disebut dengan synovial fluid (cairan synovial). Cairan ini berfungsi untuk membuat persendian bergerak dengan mudah, seperti dilansir oleh Huffington Post (15/09) dan dikutip dari merdeka.com.

Nah bila Anda suka menggeretakkan tangan dan jari maka kapsul sendi bertambah luas dan berbahaya karena bila pelumas alami yang berada di dalam kapsul sendi hilang maka tulang dan sendi tidak akan bisa bergerak dengan leluasa lagi. Anda bisa membayangkan bila sampai jari dan tangan Anda kaku tak bisa bergerak bukan? Sampai seperti itu bahayanya menggeretakkan tangan dan jari ladies.

Satu dua kali menggeretakkan tangan dan jari tidak masalah ladies. Namun bila rutin, ada kemungkinan terjadi kerusakan tulang rawan yang meningkatkan risiko terjadinya arthritis. Bila tulang rawan rusak, maka Anda harus operasi atau harus 'rela' bila tangan jari tak bisa bergerak elastis seperti dulu.

Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya tidak susah ladies. Anda bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang kerap Anda menggeretakkan tangan dan jari membuat Anda merasa lega, Anda bisa menggantinya dengan meregangkan tubuh dengan cara yang lain.

Misalnya saja, Anda membiarkan kaki terbujur sempurna selama 10 menit, hal ini bisa melancarkan peredaran darah lho! Selain itu, saat tidur usahakan telentang sempurna, tangan, kaki dan kepala. Biarkan darah mengalir lancar. Bila peredaran darah lancar maka tubuh akan berkurang rasa sakit dan pegalnya. Jaga kesehatan yuk ladies!

BACA JUGA

Baiknya Telur Disimpan Di Kulkas Atau di Luar?

Kebiasaan Gigit Bibir Bikin Kecantikan Anda Hilang Lho!

Bolehkah Meninggalkan Anak di Dalam Mobil?

Aduh, 7 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Ternyata Berbahaya

Makan Keju dan Es Krim Memperparah Kondisi Jerawat

Hari Sabtu Minggu Membuat Anda Semakin Gemuk

(vem/sya)
KOMENTAR PEMBACA