Sukses

Beauty

Hati-Hati, Tubuh Kurus Ternyata Tinggi Kolesterol

Siapa bilang yang punya penyakit kolesterol hanya mereka yang bertubuh gemuk? dr. Em Yunir, SpPD, K-EMD mengatakan bahwa orang yang bertubuh kurus juga punya potensi menderita penyakit gangguan kolesterol atau dyslipidemia.

Resiko gangguan kolesterol pada orang gemuk memang tinggi, karena umumnya mereka memiliki resistensi insulin yang mengubah karbohidrat apapun menjadi gula. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan kolesterol juga mengancam mereka yang bertubuh kurus. "Prevalensi (kelaziman) orang kurus dan gemuk terkena kolesterol tinggi itu sama, tidak ada beda," kata Yunir di Jakarta, Rabu (11/09), seperti dilansir oleh AntaraNews.com.

Mereka yang bertubuh kurus bisa memiliki kadar kolesterol tinggi akibat pengaruh lifestyle. Umumnya penderita kolesterol tinggi dalam tubuh kurus ini punya kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan anoreksia.

"Bagaimana mengatur atau menyembuhkan gangguan kadar kolesterol pada orang kurus? Tidak jauh beda dengan orang gemuk. Pada orang gemuk, mereka hanya diharuskan untuk mengurangi berat badan," katanya.

Disarankan agar mereka yang gemuk berusaha mengurangi 5-10% bobot tubuh untuk menghindari gangguan kolesterol ini. Selain itu, olahraga, mengatur pola makan juga sangat menentukan kandungan kolesterol tersebut.

Untuk mereka yang bertubuh kurus, tidak diwajibkan menurunkan berat badan tetapi tetap menjaga dan mengontrol asupan makanan serta berolahraga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Tak harus berolahraga lama setiap harinya, 20-30 menit saja secara rutin akan membantu menyeimbangkan jumlah kolesterol. Selain itu disarankan agar mengurangi menu makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Jangan ragu pula untuk mengontrol diri ke dokter, terutama jika problem kolesterol Anda sulit dikendalikan dan terlalu tinggi jumlahnya. [initial]
BACA JUGA:

Bawang Merah Menjaga Kesehatan Jantung

Yogurt Mengurangi Kolesterol Jahat

7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Aneka Makanan Yang Membakar Lemak

Tidak Sarapan Bikin Cepat Gemuk 4 Kali Lipat

Cek di Sini, Minyak Goreng Anda Sudah Sehat Belum?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading