Sukses

Beauty

Baca Yuk, Tips Agar Ginjal Tetap Sehat

Organ tubuh yang tak kalah penting dibandingkan jantung adalah ginjal. Organ satu ini yang membantu mengatur sistem pembuangan air kecil serta memfilter darah yang akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Ginjal juga bertugas membuang bahan-bahan yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urine. Menyeimbangkan kandungan garam dan mineral di dalam darah sehingga tekanannya tetap terjaga seimbang.

Dengan tugas berat yang diemban, tentunya Anda tak bisa menyepelekan kondisi ginjal ini. Agar ginjal tetap sehat, oleh karena itu Anda harus menjaganya dengan melakukan tips-tips berikut:

Berhenti merokok

Cara terbaik menjaga ginjal tetap bersih adalah berhenti merokok. Rokok merupakan gaya hidup tidak sehat yang dapat mempengaruhi berbagai kondisi tubuh dan memicu terjadinya penyakit yang beragam pada tubuh.

Rokok terutama akan melemahkan kerja ginjal sehingga paru-paru bekerja lebih berat.

Berhenti minum alkohol

Apabila Anda gemar mengonsumsi minuman beralkohol, maka ini adalah saat yang paling tepat. Alkohol hanya akan membuat ginjal dan liver bekerja sangat berat. Sampai akhirnya ginjal mengalami kegagalan fungsi dan membuat banyak racun tidak terfilter.

Berolahraga

Olahraga selalu disarankan oleh para ahli dilakukan setiap hari. Tak harus olahraga yang berbayar dan mahal, Anda bisa kok melakukan olahraga murah seperti jogging atau jalan cepat demi mendapatkan jantung dan ginjal yang sehat.

Menjaga berat badan

Gemuk bukanlah kondisi tubuh yang sehat, Menjaga berat badan is a must untuk setiap orang agar seluruh organ tubuh dapat bekerja lebih maksimal tanpa balutan lemak. Jika berat badan berlebihan, maka ginjal juga jauh lebih lemah dan berat kerjanya.

Minum air putih yang cukup

Cenderung orang akan meremehkan asupan air minumnya. Karena tidak sempat, akhirnya tidak mengonsumsi minimal 8 gelas setiap hari. Padahal hal ini akan mempengaruhi kinerja dan kondisi ginjal.

Jika Anda ingin ginjal tetap sehat, jangan sampai membiarkan tubuh dehidrasi dan cukupi kebutuhan air minum.

Makanan asin

Makanan asin mengandung sodium yang tinggi. Sodium akan melemahkan kerja ginjal dan membuat ginjal terganggu performanya.

Hindari stres

Selalu berusaha untuk melakukan kegiatan positif dan rileks agar terhindar dari stres. Stres dapat memicu berbagai reaksi tubuh dan dapat mempengaruhi kondisi tekanan darah dan ginjal.

Pastikan juga Anda memperhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi dengan memperbanyak menu kaya serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Peroleh asupan tersebut dari buah-buahan dan sayur-sayuran. [initial]
BACA JUGA:

Diet ala Tina Toon

Bahaya Alkohol Sebelum Berlatih

Say Goodbye Pada Diet Instan

Salad Kentang Manis, Sehat Untuk Penderita Diabetes

Konsumsi Makanan Berlemak Saat Diet

Pahami 4 Hal Sebelum Anda Berdiet

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading