Sukses

Beauty

Kemiskinan Merusak Fungsi Kognitif Manusia

Sebuah studi yang dilansir Xinhua menyebutkan, kemiskinan bisa menyerap banyak energi mental seseorang sehingga mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki sedikit tenaga pada otaknya untuk berkonsentrasi pada bidang lain dalam hidupnya.

Itulah yang menyebabkan orang yang hidup berkekurangan secara finansial cenderung membuat keputusan buruk yang malah memperparah situasi mereka.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Science itu, seseorang yang sudah kelelahan memutar otak untuk membayar tagihan, dengan sedikit "mental bandwith" yang tersisa untuk memikirkan masalah pendidikan, pelatihan, manajemen waktu dan langkah-langkah lain, dapat membantu mereka keluar dari lingkaran kemiskinan.

"Dulu, catatan mengenai kemiskinan menyalahkan orang miskin karena kegagalan personal mereka atau lingkungan yang tidak kondusif untuk sukses," kata pemimpin peneliti Jiaying Zhao, yang adalah profesor pada Universitas British Columbia, jurusan psikologi.

"Kami membantah itu dan berpendapat kemiskinanlah yang telah merusak fungsi kognitif mereka, yang menghambat kemampuan individual untuk membuat keputusan bagus, menjadi miskin mengakibatkan kemiskinan menjadi lebih parah," katanya.

Hasil penelitian itu juga menekankan masalah keuangan berdampak negatif langsung kepada kemampuan individu berpenghasilan rendah dalam mengerjakan tes kognitif umum dan logika.

Rata-rata orang yang disibukkan dengan masalah keuangan mengalami penurunan fungsi kognitif setara dengan 13-titik dalam IQ.

Dalam percobaan lain, para peneliti mendapati kinerja kognitif petani berkurang sebelum hasil panen dibayar, sebaliknya setelah dibayar fungsi kognitif bekerja dengan baik.

BACA JUGA 

Tertawa Ternyata Baik Untuk Tubuh Kita Juga, Lho!

Penyakit Kelenjar Tiroid

Tanda-Tanda Kalau Anda Terserang Stroke

Perubahan Miris Nana Karagianni, Jurnalis Cantik Yang Terkena Anoreksia

Ini Lho Akibat Terlalu Sering Pakai High Heels

Kisah Nyata: Blog Diet Hampir Membuatku Anoreksia

Mengurangi Risiko Jantung Pada Wanita

(vem/ant/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading