1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Instrumen Pernikahan 'Bridal Chorus' Asalnya dari Opera Sabun Loh

Rabu, 28 Agustus 2013 09:00 Penulis:
(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, pasti sangat akrab dengan instrumen Bridal Chorus yang biasa dipakai di upacara pernikahan. Tapi, tahukah Anda darimana dan untuk apa sih instrument terkenal ini diciptakan. Jadi penasaran ya.

Seperti yang dilansir dalam situs wordpress.com, Bridal Chorus diciptakan tahun 1850 oleh musisi Jerman bernama Richard Wagner untuk operanya yang berjudul-Lohengrin. Dalam pembukaan opera, babak 3, instrumen bridal chorus dimainkan ketika Elsa dan Pangeran misterius bernama Lohengrin keluar ke kamar pengantin setelah upacara pernikahan mereka.

Pasangan yang bahagia ini menggungkapkan cinta masing-masing hingga lamunan mereka pecah ketika penjahat yang dipimpin oleh Telramund, musuh yang pernah dikalahkan oleh Lohengrin, masuk untuk menangkap sang pangeran.

Perkelahian pun pecah dan Telramund terbunuh. Lalu, Lohengrin meminta istrinya ikut dengannya untuk menghadap sang Raja, dimana Lohengrin akan menunjukkan identitasnya.

Meskipun dalam sejarah diciptakannya, instrumen Bridal Chorus tidak menjadi bagian dari uparaca pernikahan, instrumen ini sangat terkenal. Instrumen ini juga digunakan dalam pernikahan di kerajaan Inggris antara Putri Victoria, anak dari Ratu Victoria dengan Pangeran Frederick William tahun 1858.

Sejak saat itulah, Bridal Chorus digunakan dalam uparaca pernikahan. Instrumen ini lalu dikenal dengan sebutan ‘Here Comes the Bride’ karena diputar ketika pengantin perempuan tiba di Altar.

Sudah tahu kan sekarang, Ladies.

Orista V Anggraningtyas

(vem/ova)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Lagu Pernikahan
#KapanLagiChallenge - Jefri Nichol & Amanda Rawles