KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Apa Itu Anaphylaxis?

Selasa, 27 Agustus 2013 07:06 Penulis:
(c) shutterstock

Vemale.com - Anak-anak memang sangat rentan alergi, baik itu terhadap makanan dan minuman, debu, hawa dingin, ataupun gigitan serangga. Hal ini dikarenakan sistem imunnya belum terbentuk sempurna. Jangan anggap remeh, ya, Bunda. Karena ternyata alergi ringan bisa berlanjut menjadi anaphylaxis yang bisa mematikan. Apa itu?

Menurut kidswithfoodallergies.org, anaphylaxis adalah reaksi alergi yang menyerang lebih dari satu fungsi organ tubuh yang bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, alergi pada si kecil harus betul-betul diwaspadai. Hindarkan makanan atau minuman, atau faktor-faktor pemicu alergi lain dari si kecil. Jika beberapa jam setelah kegiatan makan atau ngemil dan bermain di luar ruangan terjadi demam, rasa gatal di sekitar mulut, kulit yang membengkak/bentol-bentol/memerah, dan gangguan pencernaan, segera lakukan penanganan. Pada beberapa kasus yang parah, sistem pernapasan sang anak pun bisa terganggu, Bun.

Beberapa orang tua yang memiliki anak rentan alergi memilih untuk selalu siap sedia auto-injector yang berisi obat yang disebut dengan epinefrin. Obat ini akan langsung bekerja membersihkan pembuluh darah sehingga racun dari makanan penyebab alergi bisa teratasi dengan cepat, sehingga anaphylaxis yang berpotensi mematikan dapat dihindari.

Meski begitu, dalam beberapa kasus yang betul-betul parah, suntik epinefrin ternyata tidak mampu mengatasi anaphylaxis yang terjadi pada anak-anak. Jika sudah begini, sebaiknya Bunda jangan menunggu lebih lama lagi. Segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan serius.

Mazhi

(vem/ova)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Kesehatan Anak