Sukses

Parenting

Penyebab Kelebihan Air Ketuban

Bu, air ketuban merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menunjang keberlangsungan hidup bayi yang ada di dalamnya. Maka dari itu, apapun yang terjadi pada air ketuban ini, akan sangat mempengaruhi bayi Anda, termasuk jika kelebihan atau yang disebut polyhydramnios.

Lalu apa sih yang menyebabkan terjadinya kelebihan air ketuban ini? Mari kita simak ulasan mengenai penyebab terjadinya kelebihan air ketuban berikut seperti dilansir dari situs babycenter.com.

Ibu mengidap diabetes

Jika Anda terkena diabetes, kemungkinan terkena polyhydramnios ini semakin besar, Bu, apalagi jika tidak segera ditangani dengan baik. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa 10% dari ibu hamil yang menderita diabetes mengalami kelebihan air ketuban ini.

Faktor genetik

Jika Anda mengalami kelebihan air ketuban atau polyhydramnios, kemungkinan karena bayi Anda mengalami kelainan genetik, Bu. Kelainan tersebut biasanya merupakan Down Syndrome dimana bayi Anda akan mengalami keterbelakangan dalam perkembangan tubuh dan mentalnya.

Janin tidak bisa meminum air ketuban

Kelebihan air ketuban bisa terjadi karena janin Anda yang seharusnya meminum air ketuban tersebut, mengalami kendala dalam meminumnya, Bu. Maka dari itu, air ketuban Anda menjadi semakin bertambah karena tidak dikonsumsi oleh bayi.

Bayi mengalami anemia

Jika Anda mengalami kelebihan air ketuban, hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa bayi Anda sedang mengalami anemia, Bu. Namun jangan khawatitr, hal tersebut dapat menjadi normal dengan sendirinya. Namun ada baiknya jika Anda merasakan gejala kelebihan air ketuban utnutk segera konsultasi ke dokter.

Nah, itu tadi beberapa penyebab dari kelebihan air ketuban, Bu. Apapun yang Anda rasakan atau alami, ada baiknya untuk selalu kontrol ke dokter secara rutin.

Tulus W.

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading