Sukses

Beauty

Ditemukan Racun Mematikan Dalam Obat Tradisional China

Indonesia punya jamu yang merupakan obat-obatan alami. Di negara seberang, China juga memiliki berbagai jenis obat-obatan tradisional yang sudah terkenal di seluruh dunia. Namun Anda harus waspada, beberapa obat tradisional China ditemukan mengandung racun mematikan.

Dilansir oleh telegraph.co.uk, The Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) menemukan beberapa obat China tidak berlisensi mengandung racun. Produk tersebut tidak memiliki izin edar di Inggris, tetapi dijual bebas melalui internet. Ada juga obat palsu yang beredar dan mengandung bahan berbahaya.

"Pemalsuan obat-obatan tradisional China dengan logam berat adalah masalah internasional yang signifikan dan dapat menimbulkan risiko serius pada kesehatan masyarakat," ujar Richard Woodfield, kepala MHRA.

Alami tapi dicampur bahan berbahaya

Salah satu produk obat tradisional China ditemukan mengandung arsenik, racun yang dapat menyebabkan kematian. Ada juga produk perawatan rambut rontok yang mengandung mercuri. Produk lain mengandung timbal dua kali dari jumlah yang diizinkan.

"Memakai bahan alami tidak berarti aman," lanjut Richard. "JIka Anda ingin memakai produk obat tradisional, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter," demikian sarannya.

Berhati-hatilah, ladies! Obat palsu atau obat yang beredar tanpa izin tidak hanya terjadi di Inggris. Obat berbahaya seperti itu sudah sering ditemukan di Indonesia. Waspada saat membeli dan menggunakannya.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading