Sukses

Beauty

5 Cara Stres Bikin Anda Gemuk

Gemuk menjadi ketakutan bagi sebagian besar orang, sehingga banyak orang berlomba-lomba mencari dan meminum obat diet agar tetap bisa makan banyak dan langsing. Tetapi benarkah hanya makanan saja yang bikin orang jadi gemuk?

Ada satu hal lagi yang bisa membuat orang jadi gemuk. Dilansir oleh ihealthcareuppdates, stres adalah salah satu hal jahat yang mempengaruhi berat badan seseorang. Di satu sisi bisa membuat seseorang jadi kurus dan turun berat badan dalam waktu singkat, di sisi lain juga bisa membuat berat badan melonjak dan membuat orang jadi gemuk.

Inilah sebabnya, sekalipun Anda diet dan mengonsumsi berbagai obat-obatan, hasilnya akan tetap tidak membantu banyak. Inilah cara stres membuat Anda menjadi gemuk:

Stres memperlambat metabolisme

Metabolisme tubuh dipengaruhi oleh berbagai hormon di dalam tubuh itu sendiri. Apabila komposisinya tepat, maka metabolisme akan menjadi baik, termasuk pencernaan dan kandungan gula di dalam darah.

Stres kronis dapat mengacaukan hormon di dalam tubuh, akibatnya metabolisme jadi tidak seimbang. Nah di sinilah akhirnya metabolisme jadi ikut kacau, tubuh juga tidak memiliki kemampuan yang maksimal untuk membakar kalori, lemak dan gula.

Salah mengenali lapar

Karena hormon tadi sudah kacau, akibatnya sinyal yang sampai ke otak juga ikut kacau. Di sinilah akhirnya seseorang jadi bingung menentukan antara dirinya hanya haus atau memang sedang lapar. Namun, sebagian besar menganggapnya lapar, sehingga akan mengonsumsi aneka makanan berkalori untuk menanggapi sinyal tersebut.

Doyan ngemil

Sekalipun sudah makan, jangan dikira sinyal lapar akan berhenti begitu saja. Stres akan memicu keinginan untuk ngemil, terutama makanan-makanan tinggi kalori dan kaya lemak.

Inilah sebabnya Anda jadi ingin makan makanan seperti keripik, makanan yang spicy, ice cream, cokelat, dan lain sebagainya untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Meningkatkan kadar gula dalam darah

Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula di dalam darah. Saat stres, tubuh tidak mampu mengatur produksi insulin dengan baik, sehingga jumlahnya berkurang. Menyebabkan Anda jadi ingin makan makanan tinggi kalori dan lemak, sehingga memicu pertambahan berat badan. Selain itu, kadar gula dalam darah juga menjadi tidak terkontrol. Dan apabila dibiarkan, diabetes adalah penyakit yang akan membahayakan tubuh Anda.

Menimbun lemak di perut

Tingginya tingkat hormon kortisol akan dilepaskan saat seseorang mengalami stres. Efeknya tentu saja berbahaya bila berlebihan. Tingginya hormon kortisol menyebabkan lemak di area perut jadi tertimbun dan sulit untuk dikikis.

Biasanya ini terjadi pada pekerja kantoran yang pekerjaan sehari-hari dilakukan di balik meja sambil duduk, dan tingkat stresnya tinggi.

Wah, sebegitu besarnya pengaruh stres ini bagi berat badan ya.

Untuk itulah sangat disarankan agar mengimbangi kesibukan dengan melakukan kegiatan yang meminimalisir stres. Olahraga adalah cara yang paling murah untuk mengikis stres dan menjaga berat badan agar tetap seimbang. Yuk pilih olahraga murah yang bisa rutin dilakukan setiap hari. [initial]

BACA JUGA:

1 Dari 5 Suami Paksa Istrinya Segera Langsing Setelah Melahirkan

Diet Salah? Waspadai Akibatnya!

Salahkah Konsumsi Satu Macam Makanan Saat Diet?

Penyebab Kenapa Diet Anda Selalu Gagal

Olahraga Sederhana Pembakar Kalori

3 Panduan Dalam Merencanakan Diet

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading