Sukses

Beauty

Faktor-faktor Penyebab Kista

Faktor-faktor penyebab penyakit kista bisa bermacam-macam. Kista adalah penyakit yang terjadi di lapisan otot dan dapat mengenai di bagian tubuh manapun. Ukuran benjolannya pun bermacam-macam. Semakin besar ukuran benjolan kista, semakin besar kemungkinan kista tersebut mempengaruhi kestabilan organ dalam tubuh anda.

Situs medicalnewstoday.com menyatakan bahwa kista dapat disebabkan oleh tumor, faktor genetis, infeksi, kesalahan dalam organ dalam atau sel, kondisi pembengkakan yang kronis, penyumbatan dalam tubuh yang dapat menjadi menumpuknya cairan pada kulit, dan parasit (bakteri, atau mikroorganisme lain).

Kista tak berbahaya yang sering terjadi pada umumnya adalah disebabkan oleh infeksi atau bakteri dan biasanya dapat disembuhkan dengan cepat dengan bantuan medis atau perawatan dari rumah yang sederhana, seperti merawat benjolan dengan air hangat. Kista yang seperti ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau bahkan gatal. Namun, jika obat dari dokter tak bisa langsung menyembuhkan benjolan kista anda, lebih baik anda segera memeriksakannya lebih lanjut.

Kista yang berbahaya dapat menyerang area kepala dan otak dan menyebabkan sakit kepala, sedang kista yang terjadi pada organ tubuh bagian dalam seperti ginjal atau hati biasanya malah tidak menimbulkan gejala apapun. Hanya scan MRI, CAT dan ultrasound saja yang dapat mendeteksi kista di dalam tubuh ini. Hal ini harus lebih anda waspadai dengan melakukan check-up medis secara rutin di rumah sakit.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading