Sukses

Parenting

Pentingnya Folic Acid Bagi Ibu Hamil

Folic Acid adalah salah satu vitamin yang sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang mengandung. Karena manfaatnya yang sangat tinggi, ibu hamil direkomendasikan untuk menambah jumlah asupan makanan dan suplemen yang mengandung folic acid.

Apa manfaat folic acid bagi ibu hamil?

Seperti yang dilansir dari laman babycenter.com, manfaat utama dari folic acid adalah untuk mencegah terjadi kecacatan yang menyerang tabung syaraf, tulang belakang, dan otak. Masalah kecacatan pada pembuluh syaraf sendiri sebagian besar terjadi pada masa awal perkembangan janin ketika wanita belum mengetahui bahwa dirinya hamil.

Resiko kecacatan yang menyerang syaraf ini dapat menurun hingga 50 sampai 70 persen apabila ibu hamil rajin mengkonsumsi folic acid sebelum pembuahan terjadi dan selama trisemester pertama kehamilan.

Selain itu, folic acid juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya jenis kelainan lain pada bayi yang lahir nanti. Mengkonsumsi folic acid dapat menurunkan resiko kelainan pada jantung.

Pada manusia normal, folic acid diperlukan untuk menormalkan sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia. Folic acid juga penting untuk memrpoduksi, memperbaiki, dan meningkatkan fungsi DNA.

Bagi ibu hamil, folic acid tak hanya bermanfaat untuk beberapa fungsi di atas. Folic acid juga penting untuk pertumbuhan sel janin yang berada di dalam rahim ibu hamil.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading