Sukses

Beauty

Faktanya, 80 Jenis Jamur Tumbuh di Kulit Anda

Ada banyak bakteri di kulit manusia, Anda pasti sudah tahu. Ada bakteri yang baik dan yang bisa merusak kesehatan. Hal yang sama ternyata berlaku untuk organisme lain, yaitu jamur. Rata-rata kulit manusia ditumbuhi 80 jenis jamur.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nature, pemeriksaan DNA jamur dari beberapa bagian tubuh seperti wajah, dada, punggung, lengan, dan kaki menunjukkan bahwa ada puluhan jamur yang menetap di kulit manusia. Lokasi yang paling banyak adalah kaki. Salah satu jamur di kaki adalah Malassezia, salah satu penyebab ketombe.

Tapi tenang saja, dilansir dari situs Newsmaxhealth, para ilmuwan mengatakan bahwa tidak semua jamur menyebabkan infeksi kulit. "Kami telah mengetahui beberapa jamur dapat menyebabkan infeksi kulit, tetapi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jamur di kulit yang sehat tidak menyebabkan masalah," ujar Heidi Kong, MD, salah satu peneliti.

Meskipun beberapa jamur dinilai tidak menyebabkan penyakit kulit, Anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh. Jamur Malassezia yang banyak ditemukan pada kaki dan kulit kepala ternyata bisa menimbulkan masalah ketombe, mengerikan bukan? Jadi, jaga kebersihan dan jaga kondisi kulit kepala Anda!

BACA JUGA:

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading