Sukses

Parenting

Bahaya Toksoplasma Dalam Kotoran Kucing

Bahaya toksoplasma dalam kotoran kucing masih menjadi pembicaraan. Sampai sekarang, parasit yang tumbuh dalam kotoran kucing masih menjadi hal yang menakutkan, baik pada orang yang sehat, terlebih lagi bagi wanita hamil. Ada bahaya kesehatan di balik kotoran kucing, terutama kucing liar yang kesehatannya tidak diperhatikan.

Bahaya Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari situs Health.com, penelitian dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa kucing di Amerika Serikat meninggalkan limbah kotoran dan parasit menular yang disebut toxoplasma gondii. Epidemi toksoplasmosis dapat menyerang orang sehat dan ibu hamil yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Wanita yang sedang hamil memiliki risiko yang lebih besar bila tertular infeksi toksoplasmosis, antara lain bayi yang dikandung dapat mengalami masalah mata dan merusak sistem saraf. Penularan parasit toksoplasma pada kucing dapat disebabkan dari makanan, jika kucing mengonsumsi makanan yang sudah terjangkit toxoplasma gondii, maka kucing akan membawa parasit tersebut.

Kucing Rumah Juga Bisa Membawa Toksoplasma

Kucing peliharaan sering dianggap lebih sehat, nyatanya tidak selalu demikian. Kucing yang dimasukkan kandang sekalipun sering bermain di taman atau tempat kotor di luar rumah. Para ahli memberi saran agar Anda yang memelihara kucing selalu menjaga kebersihan kandang, makanan dan selalu memakai sarung tangan karet jika membersihkan kotoran kucing.

Jika Anda memiliki anak, sebaiknya tidak dibiarkan terlalu sering dekat dengan kucing. Wanita yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya memeriksakan diri dahulu akan kemungkinan terkena toxoplasma gondii, apalagi jika Anda sering bersentuhan atau memelihara kucing.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading