Sukses

Beauty

Apakah Stadium TNM dalam Kanker Payudara itu?

Seperti yang telah banyak orang ketahui, dalam kanker, terdapat beberapa stadium yang harus dilalui oleh para penderitanya. Hal ini juga berlaku dalam kanker payudara. Terdapat beberapa stadium yang menunjukkan seberapa seriuskah sel-sel kanker yang telah menyerang sel-sel dalam payudara anda tersebut.

Dalam kanker payudara, terdapat 5 stadium yang harus dilalui. Stadium pertama tidak dimulai dari stadium 1, tetapi di stadium 0. Hal ini dikarenakan pada stadium 0 ini kanker yang ada di dalam payudara anda masih merupakan kanker payudara yang non-invasive. Kanker ini berubah menjadi invasive di stadium 1. Stadium terakhir pada kanker payudara adalah stadium 4, yang merupakan stadium paling serius dalam kanker jenis ini.

Selain stadium-stadium tersebut, terdapat juga beberapa stadium lain yang biasa digunakan oleh para dokter yang menangani kanker payudara. Stadium tersebut disebut dengan stadium TNM atau Tumor Node Metastasis. Seperti yang dikemumakan dalam cancer.org, stadium TNM ini memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan.

Stadium T diikuti dengan penomoran dari 0 hingga 4. Penomoran ini digunakan untuk menjelaskan ukuran tumor yang ada dalam payudara anda. Selain itu, stadium ini juga dapat menunjukkan apakah sel-sel tumor sudah menyebar ke kulit atau dinding dada di bawah payudara.

Stadium N diikuti dengan penomoran 0-3. Penomoran ini digunakan untuk mengindikasikan apakah sel-sel kanker sudah menyebar hingga ke dalam getah bening yang terletak di dekat payudara anda.

Stadium M hanya diikuti oleh penomoran 0 dan 1. Stadium ini bertujuan untuk memberitahu anda apakah sel-sel kanker dalam payudara anda sudah menyebar ke organ-oragan tubuh yang lain seperti paru-paru, tulang dan beberapa organ lainnya.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading