Sukses

Parenting

Rasa Nyeri Di Punggung Ketika Hamil

Menurut mayoclinic.com, pada trimester pertama, kehamilan tidak akan banyak memberikan perubahan pada tubuh anda. Selain gangguan yang disebabkan oleh produksi hormon seperti rasa mual, sulit berkonsentrasi, dan mood swing yang tidak menentu, tidak aka nada perubahan signifikan pada tubuh anda. Namun, beranjak memasuki trimester kedua, anda akan merasakan salah satu efek kehamilan yang akan dirasakan oleh semua ibu hamil, sakit dan nyeri punggung. 

Sakit atau nyeri di bagian punggung pada trimester kedua terjadi karena ketika buah hati dalam kandungan anda tumbuh semakin besar, pusat gravitasi tubuh juga akan pindah ke bagian depan tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh perlu menjaga keseimbangan dan seringkali, hal ini akan memberikan tekanan lebih pada punggung. Otot punggung yang tertarik bisa menyebabkan sakit dan nyeri yang akan terus anda rasakan mulai dari trimester kedua hingga sang buah hati lahir, Ladies.

Lalu, apa yang bisa anda lakukan untuk membantu meringankan beban yang anda rasakan? Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membiasakan duduk dan berdiri dengan posisi yang baik. Tubuh bagian atas tegak, bahu yang relaks, dan lemaskan kaki ketika duduk dan jangan memberikan tekanan pada lutut anda, Ladies, karena anda akan muda kehilangan keseimbangan. Selain itu, usahakan untuk memiliki pegangan setiap kali berdiri atau berjalan. Dengan begitu, anda akan bisa beraktivitas seperti halnya biasa dalam kondisi hamil, Ladies.

Oleh: Mamor Adi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading