Sukses

Parenting

Tips Untuk Menghindari Dehidrasi Pada Anak

Ladies, saat anak banyak kegiatan jangan lupa membiasakan mereka untuk minum air yang cukup ya. Karena biasanya anak-anak yang sedang asik bermain lupa dengan makan atau minum bukan? Hal tersebut bisa membuat mereka dehidrasi loh.

Ada beberapa tips yang diberikan oleh kidshealth.org nih, untuk dapat mengidentifikasi anak-anak mengalami dehidrasi atau hanya sekedar haus. Biasanya anak yang mengalami dehidrasi terlihat lelah dan pucat. Karena tubuh seseorang sangat membutuhkan air, oleh sebab itu jika tubuh kekurangan cairan makan tubuh akan terasa lemas.

Detak jantung merekapun akan berdetak lebih cepat loh Ladies. Mengapa demikian? Air adalah pembawa oksigen dalam tubuh nih Ladies. Jika kekurangan air maka oksigen dalam tubuh juga berkurang. Oleh karena itu jantung berdetak lebih cepat agar sel darah merah banyak dipompa untuk menampung oksigen dan membuat respon tubuh untuk bernafas lebih cepat agar mendapatkan oksigen dari luar.

Saat anak mengalami dehidrasi mulut dan bibir mereka akan kering nih ladies. Atau bisa jadi si anak terus menerus buang air kecil. Nah, untuk mengetahui anak dehidrasi atau tidak, biasanya warna urin yang gelap dan bau yang tajam adalah tanda-tanda anak terkena dehidrasi.

Yang harus Anda lakukan, biasakan anak Anda untuk mengkonsumsi air yang cukup sebelum, saat, dan sesudah ia melakukan kegiatan di luar rumah misalnya bermain atau berolahraga. Apalagi saat cuaca sedang panas ya Ladies.

Gunakan baju yang berbahan dingin saat digunakan karena dapat membantu menekan resiko dehidrasi. Usahakan untuk beristirahat sejenak ditempat yang dingin atau didalam ruangan disela-sela kegiatan.

 Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading