Sukses

Parenting

Menyusui Kurangi Resiko Kanker Payudara

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan para wanita untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh, atara lain dengan meningkatkan aktifitas tubuh, menghindari konsumsi alcohol serta menjaga berat badan tetap seimbang. Termasuk juga menyusui.

Beberapa penelitian yang mencoba mengungkapkan hubungan menyusui dan berkurangnya resiko terkena kanker payudara, ditemukan beberapa kesulitan. Salah satu kesiltannya adalah setiap ibu menyusui anak mereka dalam periode yang tidak sama. Sehingga hasil yang ditemukan pun berubah – ubah.

Akan tetapi, penelitian yang dilakukan di Amerika, dinyatakan pada cancer.org,  ibu – ibu yang menjalankan program memberikan ASI eksklusif dalam jang yang lama terbukti mempunyai resiko terkena kanker lebih kecil. Sedangkan ibu – ibu yang hanya menyusui anak mereka sesaat memiliki resiko yang lebih besar.

Di tahun 2012, dilakukan kembali sebuah penelitian tentang pengaruh menyusui dan resiko kanker payudara yang didapat. Dari penelitian itu, para peneliti menyimpulkan bahwa menyusui memiliki efek melawan kanker yang kecil.

Para peneliti saat itu berharap adanya penelitian lebih lanjut tentang topik diatas. Informasi – informasi seperti berapa lama mereka menyusui, makanan suplemen yang dikonsumsi selama menyusui, dan mengapa para ibu berhenti menyusui sangat penting untuk mengetahu lebih lanjut bagaimana pengaruh menyusui dapat mengurangi resiko kanker payudara.

Semoga bermanfaat ya Ladies.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading