Sukses

Parenting

Kemana Semua Berat Badan Terdistribusi?

Tubuh membesar dimana-mana selama kehamilan—ini wajar! Tapi sewajar apa kenaikan berat badan Anda? Jangan sampai Anda terlalu kurus atau terlalu gemuk sekalipun karena membahayakan bayi dan kesehatan Anda sendiri. Kenaikan berat badan ini karena janin yang semakin berkembang dan begitu pula tubuh Anda yang memerlukan nutrisi tambahan untuk menopang 2 kehidupan sekaligus.

Para dokter, seperti yang dilansir babyzone.com, merekomendasikan kenaikan berat badan yang sehat sekitar 11-16 kg jika Anda memilik berat badan ideal sebelum hamil—dengan kata lain, tergantung pada bentuk tubuh Anda dan berat badan Anda sebelum hamil. Kesulitan untuk membayangkan kenaikan berat tubuh yang ideal? Berikut terdapat contoh perhitungannya!

Jika sebelum kehamilan Anda tergolong orang yang kurus, maka kenaikan yang wajar adalah 13- 18 kg saat hamil. Jika Anda memiliki berat yag ideal makan kenaikan yang wajar adalah 11-16 kg. Namun jika Anda gemuk, maka 7-11 kg kenaikan berat tubuh adalah ideal.

Lalu kemana semua berat tubuh itu pergi? Jika total kenaikan berat badan Anda adalah 13,5 kg, maka 3,4 kg akan menjadi berat janin Anda dan 3 kg akan menuju lemak, protein dan nutrisi lainnya. Darah dan cairan tubuh masing-masing bertambah 1.8 kg serta uterus, air ketuban, dan kenaikan volume payudara masing-masing sebanyak 1 kg. Sedangkan, placenta Anda akan memiliki berat 0.5 kg.

Perhitungan ini hanyalah contoh dan gambaran yang kami berikan. Periksakan perkembangan janin dan tubuh Anda secara rutin ke rumah sakit untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading