Sukses

Parenting

Ibu Hamil: Minum Wine Sedikit Saja Nggak Apa-apa Kok

Apakah Moms penggemar wine? Mungkin biasanya makan steak dengan wine atau anggur sebagai minumannya. Tahukah Moms kalau minum wine tidak terlalu banyak saat hamil masih diperbolehkan?

Dulu kita sering mendengar larangan ibu hamil untuk minum minuman beralkohol. Tapi, seperti yang diulas di medicalnews.com, ada sebuah hasil penelitian terbaru yang telah dipublikasikan di BMJ Open bahwa ibu hamil masih boleh minum beberapa gelas wine setiap minggunya.

Penelitian ini meneliti apakah minum dalam jumlah sedikit saat hamil berdampak pada perkembangan syaraf bayi setelah dilahirkan. Dalam penelitian tersebut takaran yang diperbolehkan berkisar antara 3-7 gelas alkohol per minggunya.

Studi ini melibatkan 7.000 anak berumur 10 tahun yang diuji keseimbangannya, dimana hal ini menjadi indikator dari perkembangan syaraf setelah dilahirkan. Selain itu, penelitian ini juga mengikuti perkembangan kesehatan lebih dari 14.000 anak di Inggris yang lahir tahun 1990an.

70% ibu tidak minum alkohol sama sekali saat hamil, 30%nya minum antara 1-7 gelas per minggu, 4,5% ibu minum lebih dari 7 gelas alkohol per minggunya. Dimana ibu yang minum 7 gelas itu sudah termasuk peminum berat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang ibunya minum banyak alkohol sebelum dan setelah kehamilan, menunjukkan nilai yang tidak begitu bagus pada tes keseimbangan. Sedangkan anak yang ibunya pernah minum alkohol nilai tesnya yang tidak lebih jelek dari anak yang ibunya tidak minum sama sekali.

Kesimpulan dalam penelitian itu menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan juga faktor usia, merokok, dan minum sedikit alkohol tidak mengganggu perkembangan syaraf bayi.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading