Sukses

Parenting

Hindari Listeriosis Pada Saat Hamil

Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini sangat mudah ditemui terutama di dalam tanah dan di air, Ladies. Selain itu, bakteri berbahaya ini juga seringkali bisa ditemui dalam sayur-sayuran, daging, dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Bakteri ini bila terkonsumsi dalam makanan akan menyebabkan keracunan makanan.

Gejala Listeriosis pada umumnya mirip dengan apa yang dialami oleh seorang ibu hamil, yaitu demam, nyeri otot, mual dan pusing. Selain itu, banyak wanita juga mengeluhkan mengalami sakit kepala, leher kaku, kehilangan keseimbangan, dan gejala-gejala seperti influenza.

Hal ini membuatnya sulit untuk diidentifikasi pada seorang ibu hamil yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah kesehatan pada saat proses kelahiran seperti lahir mati, kelahiran prematur, atau bahkan infeksi pada buah hati dari lahir.

Meskipun pada umumnya, bakteri Listeria moncytogenes tidak berbahaya bila dikonsumsi, pada wanita hamil, hal ini bisa menyebabkan masalah pada saat kelahiran dan bisa berakibat fatal baik pada janin dan juga ibu yang mengandung.

Menurut webmd.com, bila anda mengalami infeksi dari bakteri ini dan terkena Listeriosis, Ladies, anda bisa mengambil pengobatan terutama menggunakan antibiotik untuk membantu anda mengobati infeksi ini dan juga mencegah infeksi juiga terjadi pada buah hati anda di dalam kandungan. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai jenis-jenis antibiotic yang aman untuk dikonsumsi selama hamil.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading